Klaim Sepihak Pemkab Tuban Soal Apresiasi Juara Nasional Pantomim, Dibantah Wali Murid

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat mengklaim sepihak bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah memberi apresiasi kepada mimer Sika dan Dika. Keduanya merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) Tuban, yang berhasil mendapatkan juara Nasional, dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Jakarta.

Sayangnya klaim tersebut menurut pelatih dan wali murid perlu diluruskan. Dikonfirmasi blokTuban.com Abdul Rakhmat melalui pesan singkat whatsapp mengatakan jika Pemkab Tuban telah memberikan apresiasi kepada siswa-siswi prestasi ini, bahkan menurutnya sudah diberikan kepada yang bersangkutan.

"Ada mas, sudah diterimakan ke ybs (yang bersangkutan)," tulis Rakhmat melalui aplikasi Whatsapp, Minggu (8/10/2023).

Namun ,saat disinggung apresiasi berupa apa ia tak menggubris pesan singkat yang dikirimkan blokTuban.

Sementara itu, Arifin selaku pelatih pantomim yang juga orang tua dari Sika, mengatakan jika klaim dari Disdik Tuban perlu diluruskan. Sebab sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan apresiasi apapun bahkan berupa ucapan pun tidak ada.

"Kalau memang sudah diberikan perlu diluruskan siapa yang diberi, soalnya kita pun tidak menerima apapun, bahkan ucapan selamat saja tidak ada," ujar Arifin.

Lebih lanjut, jika memang sudah diberikan Arifin menyarankan agar Kepala Disdik Tuban agar mengeceknya lagi ke anggotanya. Apakah benar ada sebuah apresiasi yang diberikan Disdik kepada siswa-siswi berprestasi ini.

Arifin juga mengklaim jika Kabupaten Tuban bisa lolos provinsi dan Nasional dalam bidang seni pantomim di FLS2N menurutnya baru kali ini.

"Baru kali Tuban bisa lolos provinsi dan Nasional di seni pantomim FLS2N," imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan dua siswa yang mendapatkan juara nasional, adalah murid dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kutorejo I Tuban. Mereka bernama Sika dan Dika.

Keduanya berhasil mendapatkan juara pertama lomba pantomim di ajang FLS2N di Jakarta dengan kategori penampilan terbaik. [Nur/Ali]