Dongkrak PAD, Pemkab Tuban Pasang Tapping Box di 134 Titik Usaha

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam rangka mendokrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Tuban saat ini sedang gencar-gencarnya memasang alat tapping box di ratusan tempat usaha di wilayahnya, Minggu (8/10/2023).

Dalam keterangannya, Kepala Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Tuban Agung Tri Wibowo meminta masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal tapping box. Tujuannya tak lain supaya Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat dan berjalan lancar.

“Arahnya dari pemanfaatan tapping box ini nantinya, kita adakan undian. Supaya tumbuh kesadaran dari masyarakat bahwa ada dampak yang bisa dirasakan ketika membayar pajak,” ujar Agung.

Penggunaan tapping box ini, lanjut mantan Kepala Bappeda itu turut melibatkan Bank Jatim. Sebab, semua bentuk pelayanan yang berhubungan dengan pajak yang sudah terhubung langsung ke Bank Jatim.

Di tambahkan Kepala Bidang Pendapatan Daerah BPKPAD Tuban Didik Imam Hidayat, bahwa tujuan program ini meningkatkan tingkat kesadaran para wajib pajak sekaligus sebagai wajib pungut. Selain itu, juga untuk memberikan kesadaran kepada konsumen atau pelanggan untuk mematuhi kewajiban pembayaran pajak.

“Karena itu kami adakan Gebyar Hadiah Pajak Daerah. Harapannya dapat meningkatkan PAD Tuban yang juga berdampak pada meningkatnya pembangunan daerah,” jelasnya.

Mengenai titik lokasi pemasangan tapping box, Didik sapaan akrabnya menjelaskan, sebanyak 134 titik lokasi usaha telah terpasang tapping box. Tempat-tempat itu sudah terdaftar dan sudah mengimplementasikan program ini.

“Karena itu, tempat-tempat usaha yang lain bisa mengikuti dengan mendaftarkan diri untuk dipasang tapping box. Sehingga bisa memaksimalkan PAD,” tutupnya. [Ali/Dwi]