Cerita PTT SMP Tuban Sumbangkan 3 Medali, Nyaris Tak Tampil di Porprov Gegara Cidera

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Cidera bahu yang dialami oleh Agus Sugikarto (20) sempat mengancam atlet angkat besi Kabupaten Tuban ini. Sebab dengan cedera di bahu yang dialami ia terancam tidak bisa tampil dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VIII Jawa Timur 2023.

Agus Sugikarto merupakan salah satu atlet Kabupaten Tuban yang berhasil menyumbangkan 1 emas, dan 2 Perak dalam Cabang olahraga (Cabor) Angkat Besi dalam ajang Porprov Jawa Timur 2023.

Kepada blokTuban.com, Agus mengatakan bahwa dengan mendapatkan satu emas dan 2 perak merupakan sebuah kebanggaan tersendiri baginya.

"Alhamdulillah senang dan bangga bisa menyumbang emas untuk Kabupaten Tuban," kata Agus.

Remaja asli Dusun Pencol, Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding ini, juga menceritakan bagaimana perjuangannya sebelum mengikuti Porprov 2023.

Sebelum mengikuti Porprov ia sempat mengalami cedera di bahu dan harus menjalani pemulihan cidera yang dialaminya. Beruntung mendekati gelaran Porprov hendak dimulai, cedera bau yang dialami Agus bisa sembuh

"Saya sebelumnya mengalami cedera bahu. Alhamdulillah bisa sembuh sebelum Porprov dimulai," imbuhnya

Kesembuhan tersebut terjadi satu bulan sebelum Porprov. Usai sembuh ia kemudian terus berlatih agar mendapatkan hasil maksimal. Satu bulan sebelum poprov Agus harus berlatih seminggu 5 kali pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.

Lebih lanjut, Agus juga menceritakan awal mulanya tertarik dengan olahraga angkat besi saat tahun 2017 ketika ia masih duduk di bangku Kelas 1 SMK.

Oleh guru olahraga yang bernama Teguh Sulistiono, ia diajak ke kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, dan diperkenalkan Ketua Perkumpulan Angkat Besi Seluruh indonesia (PABSI) Tuban, Budi Handoyo yang juga pelatih angkat besi Tuban. Setelah mulai mengenal angkat besi, ia tertarik dan terus mengikutinya hingga saat ini.

"Awalnya diajak main ke KONI dikenalkan sama Pak Budi ketua PABSI Tuban dan lambat laun saya tertarik dengan dunia angkat besi," gunamnya.

Remaja yang saat ini sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) di SMP Negeri 2 Tuban berharap agar setelah Porprov ini, bisa terus berprestasi lebih baik lagi. Besar harapannya juga bisa mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Besar harapan saya nantinya bisa lebih berprestasi lagi dan syukur bisa ikut PON," imbuhnya.

Kepada pemerintah daerah, ia berharap agar lebih memperhatikan atlet-atlet yang ada di Kabupaten Tuban baik yang masih aktif ataupun sudah tidak aktif lagi.

Selain itu, pembinaan atlet usia dini agar lebih di prioritaskan, dengan tujuan untuk membentuk generasi atlet di masa mendatang.

Agar tagline Tuban Juara terus bergema dengan banyak nya atlet muda yang berprestasi. Kemudian Agus juga berterima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu selama gelaran Porprov ini diselenggarakan.

"Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu selama Porprov ini," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan Cabor angkat besi Kabupaten Tuban dalam gelaran Proprov ini berlaga mulai 9 September hingga 11 September 2023 dan mereka bisa membawa pulang 12 medali. Dan untuk 12 medali yang berhasil dibawa pulang oleh tim angkat besi terdiri dari 1 emas, 5 perak, dan 6 perunggu. [Nur/Ali]