Contoh Referensi Surat Lamaran Kerja CPNS di Instansi Pemerintahan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membuat surat lamaran merupakan langkah penting dalam proses melamar pekerjaan atau posisi tertentu, termasuk ketika Anda melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di instansi pemerintahan.

Seperti diketahui pembukaan pendaftaran CPNS akan dimulai besok 17 September 2023. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengusulkan rencana jadwal pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, juga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Surat lamaran memungkinkan Anda untuk menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan atau posisi tersebut dan bagaimana Anda memenuhi syarat untuknya. Anda dapat menyoroti pengalaman, keterampilan, dan pencapaian Anda yang relevan.

Penulisan surat lamaran dengan baik menunjukkan tingkat profesionalisme Anda dan kemauan untuk mengikuti proses yang ditetapkan oleh perusahaan atau instansi yang Anda lamar.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran untuk mengajukan permohonan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sebuah instansi pemerintahan:

[Alamat Anda]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

 

[Kepala Instansi Pemerintahan]

[Nama Instansi Pemerintahan]

[Alamat Instansi Pemerintahan]

[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], bermaksud mengajukan lamaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di [Nama Instansi Pemerintahan]. Saya memiliki keyakinan bahwa saya memenuhi syarat dan kompetensi yang diperlukan untuk mendukung misi dan visi instansi pemerintahan yang mulia ini.

Saya telah menyelesaikan pendidikan saya dengan gelar [Sebutkan Gelar Anda] dari [Nama Universitas] pada tahun [Tahun Lulus]. Saya juga memiliki pengalaman kerja di bidang [Sebutkan Pengalaman Kerja Anda yang Relevan], yang telah memungkinkan saya untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk jabatan yang saya lamar.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Instansi Pemerintahan] karena saya percaya bahwa instansi ini memiliki peran penting dalam melayani masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup warga negara. Saya memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan dan program-program yang diemban oleh instansi ini.

Dalam melamar ini, saya melampirkan dokumen-dokumen berikut:

- Daftar Riwayat Hidup (CV) yang mencantumkan informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan yang dimiliki.

- Fotokopi ijazah dan transkrip nilai.

- Fotokopi KTP.

- Pasphoto terbaru.

- Dokumen pendukung lainnya sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam pengumuman CPNS [Nama Instansi Pemerintahan].

Saya siap mengikuti semua tahapan seleksi yang ditentukan oleh [Nama Instansi Pemerintahan] dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Saya juga bersedia untuk memberikan informasi tambahan atau mengikuti wawancara jika dibutuhkan.

Atas perhatian dan pertimbangan yang baik, saya mengucapkan terima kasih dan berharap agar permohonan ini dapat dipertimbangkan dengan baik. Saya sangat berharap untuk dapat bergabung dengan [Nama Instansi Pemerintahan] dan berkontribusi dalam membangun negara ini.

 

Hormat saya,

 

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Lengkap Anda]

 

Format Surat Lamaran CPNS Kemenkumham untuk SMA 

…………………., .….…………….2023 

(tanggal sesuai pada saat peserta pilih/daftar instansi di portal SSCASN) 

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI 

di Jakarta 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : …………………….………… 

Tempat/Tanggal Lahir : …………………… , …………………………… 

Jenis kelamin : .......... 

Pendidikan : SMA/SMK ……………………… (jurusan IPA/IPS/) 

Jabatan yang dilamar : Penjaga Tahanan/ Pemeriksa Keimigrasian 

Jenis Kebutuhan : Umum/ Khusus (Putra/Putri Papua)*

Alamat : ……………………………………………….(sesuai domisili) 

Nomor telepon/HP : …………………………………… 

Alamat e-mail : …………………………………… 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran dan dokumen persyaratan agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2021. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan sebagai berikut: 

1. …. 

2. …. 

3. ….dst. (sesuai persyaratan pada pengumuman) 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2023. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. 

 

Hormat Saya, 

(Tanda Tangan) 

(Nama Lengkap) 

 

Format Surat Lamaran untuk Non-SMA 

………………….,.….…………….2023 

(tanggal sesuai pada saat peserta pilih/daftar instansi di portal SSCASN) 

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI 

di Jakarta 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : …………………. 

Tempat/Tanggal Lahir : ………………., …………………………………… 

Jenis kelamin : …………. 

Pendidikan : …….. (sesuai dengan pendidikan yg dimiliki) 

Jabatan yang dilamar : ………….. (sesuai jabatan yang dilamar) Jenis Kebutuhan : Umum/ Khusus (Lulusan Terbaik/ Disabilitas/ Putra/i Papua)* Alamat : ………………………………..(sesuai domisili) 

Nomor telepon/HP : …………………………………… 

Alamat e-mail : …………………………………… 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2021. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan dokumen yang telah diunggah sebagai berikut: 

1. …. 

2. …. 

3. ….dst. (sesuai persyaratan pada pengumuman) 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya unggah adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan dokumen yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2023. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. 

Hormat Saya, 

(Tanda Tangan) 

(Nama Lengkap)

 

Semoga contoh surat lamaran di atas dapat membantu Anda dalam mengajukan lamaran CPNS di instansi pemerintahan yang Anda inginkan. Pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran ini dengan detail dan persyaratan yang berlaku pada instansi yang Anda tuju. 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS