Antusias Puluhan Pelajar MAI Attanwir Bojonegoro Belajar Jurnalistik Bareng Owner BMG

Reporter: Nidlomatum MR

blokTuban.com - Puluhan siswa antusias mengikuti diklat jurnalistik yang digelar oleh Persatuan Pelajar Madrasah (PPM) dan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI) Attanwir. Kurang lebih 80 siswa dari kelas 10, 11 dan 12 hadir pada Jumat (8/9/2023).

Diklat digelar di Aula SMK Attanwir Jalan KH. Moh. Sholeh, Desa Talun, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Pemateri yang dihadirkan Owner/Founder Blok Media Group (BMG), yang membawahi blokBojonegoro.com, blokTuban.com dan perusahan lainnya. Yakni Muhammad Abdul Qohhar, S.Sos.I., M.Si.

Dalam sambutannya, Ketua PPM MAI Attanwir, M. Azam Syaifuddin, pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam menulis. 

"Kenapa harus Jurnalistik? Untuk memudahkan siswa terbiasa menulis. Sebab, jurnalis itu kebiasaannya menulis," katanya.

Sementara itu pemateri yang juga alumni Ponpes Attanwir, Mas Koko, sapaan akrab Muhammad Abdul Qohhar menjelaskan, jika menulis harus mulai jadi kebiasaan siswa Attanwir. Sebab, menulis akan terus dilakukan untuk bekal akademik.

"Mau lulus Aliyah biasanya menulis karya ilmiah, lulus S1 menulis skripsi, lulus S2 menulis tesis dan doktoral menulis disertasi," jelasnya.

Harapannya, setelah pelatihan hari ini ada tindaklanjut dengan tim KIR yang produktif menulis. Juga bisa menerbitkan karya tulisan berkala, seperti majalah dinding (Mading) atau mengaktifkan website Ponpes Attanwir.

"Harus terus diamalkan menulisnya, agar tidak hilang," tambah pria yang juga Sekjend Ikatan Keluarga Ma'had Islami Attanwir (IKAMI ATTANWIR) tersebut. [lis/Ali]