Amankan 20 Tiket PON 2024, Atlet Muaythai Jatim Diminta Main Lepas di Final

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - 20 tiket telah diamankan Jawa Timur pada gelaran Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024 Aceh-Sumatera Utara, di Gelora Pancasila, Surabaya. 

Atas hasil tersebut, kontingen Muaythai Indonesia (MI) Jawa Timur (Jatim) diminta Kepala Pelatih Muaythai Jatim, Soldier Of Fortuna untuk main lepas di partai final. 

“Di babak final saya harap anak-anak main lepas saja. Mohon doanya semoga bisa menambah medali emas,” ujarnya dikutip blokTuban.com dari laman Koni Jatin, Sabtu (26/8/2023). 

Sejak awal pertandingan di gelar pada 22 hingga 25 Agustus, Muaythai Jatim sudah mengantongi 20 tiket ke PON 2024 mendatang, dari 22 nomor yang dipertandingkan. 

Pada BK PON ini, Muaythai Jatim sudah mengantongi tiket 4 nomor seni dan 16 nomor tarung. Hasil ini mengejutkan bagi Jatim sendiri, sebab ini merupakan olahraga baru di Jatim namun sudah bisa mencapai prestasi yang luar biasa. 

Kesuksesan ini, lanjut Soldier tak lepas dari program pembinaan yang digagas oleh Ketua MI Jatim, Baso Juherman. Salah satunya, adalah menggelar rutin Liga Muaythai Jatim membuat banyak atlet-atlet asal daerah ikut berlaga. 

Dari hasil liga itu, kemudian para atlet dibina oleh tim pelatih dan terus diasah tiap bulannya melalui liga tersebut. 

“Dengan adanya kompetisi setiap bulan ini membuat atlet-atlet bisa meningkatkan kemampuannya. Hasilnya sudah terbukti sekarang bisa mendapat 20 tiket ke PON,” imbuhnya. 

Tak hanya itu, program training camp jangka panjang yang digelar berhasil membuat anak asuhnya lebih konsentrasi dalam berlatih. 

Tak ketinggalan, Soldier juga mengapresiasi kerja keras para atlet yang menunjukkan semangat tanding yang luar biasa. Termasuk para orang tua atlet yang jauh-jauh datang untuk memberikan suntikan motivasi kepada atlet.[Ali]