Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Panas Ektrem di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca panas ekstrem yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, membuat daya tahan tubuh sebagian masyarakat terganggu. Hal itu, lantaran adanya pergeseran angina dan arus laut, serta perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim, diberbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia.

Maka tak heran, jika di masa ini kesehatan tubuh masyarakat, juga turut terganggu. Diantaranya seperti gangguan kekurangan makanan dan juga malnutrisi yang terjadi karena gangguan ketersediaan ketahanan pangan atau food security.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, memberikan tips kepada masyarakat untuk tetap sehat di tengah cuaca panas ekstrem saat ini.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan dan hindari, untuk mengurangi dampak El Nino terhadap kesehatan ialah melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” ujar Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes P2KB Tuban, Heru Widodo kepada blokTuban.com, Kamis (24/8/2023).

Selain itu, masyarakat dianjurkan untuk minum air putih minimum sebanyak delapan gelas selama satu hari, mengenakan pakaian longgar dan ringan, mandi setiap hari untuk mendinginkan tubuh menghilangkan ruam dan infeksi kulit.

Menghemat air dan menggunakannya dengan bijak, juga sangat dianjurkan untuk masyarakat guna mengantisipasi krisis air bersih.

“Simpan air dalam wadah bersih dan simpan secukupnya, mengurangi tempat pengembangbiakan nyamuk, matikan lampu dan peralatan lainnya jika tidak dibutuhkan, gunakan sun block atau tabir surya saat keluar rumah, dan segera pergi ke layanan Kesehatan jika mengalami gejala sakit,” bebernya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Heru ini juga menambahkan bahwa masyarakat, juga perlu menghindari beberapa aktivitas, seperti melakukan akvititas fisik yang berat, ataupun meminum dari sumber air yang tidak higienis.

“Jangan berada di bawah sinar matahari secara langsung, terutama dari jam 10 sampai 4 sore, di mana matahari bersinar paling kuat. Jangan  minum-minuman berakohol, karena minuman berakohol salah satu faktor resiko penyebab hipertensi, sedangkan El Nino berpotensi menyebabkan stress,” katanya. [Sav/Ali]