Wisata Kampung Air Tuban, Wahana Bermain Air yang  Cocok Ajak Anak Liburan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Selain dikenal dengan pesona lautnya,  Kabupaten Tuban  juga dikenal akan potensi alam yang sangat luar biasa. Tak heran, jika  banyak masyarakat yang memanfaatkannya, sebagai ladang penambah penghasilan, dengan mendirikan suatu obyek wisata.

Salah satu obyek wisata yang tak kalah menarik ialah Wisata Kampung Air, yang terletak di Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Salah seorang pengurus Wisata Kampung Air Tuban, Suwadi mengatakan jika wisata ini berdiri kurang lebih sejak Tahun 2019, dengan menyuguhkan berbagai pesona wahana air yang menarik bagi para pengunjungnya.

“Dulunya ini adalah rawa, lalu Kepala Desa punya ide untuk direnovasi dan dibuat wisata, agar perekonomian warga Sambonggede bisa maju. Untuk wisata ini temanya memang untuk anak-anak,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui, Sabtu (5/8/2023).

Selain menyuguhkan panorama air sungai jernih berwarna hijau, di wisata ini pengunjung juga bisa menikmati tiga kolam renang dengan berbagai ukuran di dalamnya, dengan air yang sangat bersih.

Wisata kampung air di Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/bloktuban)

Uniknya, kolam renang yang ada di Wisata Kampung Air ini tidak menggunakan kaporit, seperti dikebanyakan tempat. Sehingga, sangat aman apabila pengunjung ingin berlama-lama di tempat tersebut.

“Ada tiga kolam renang, kedalaman paling tinggi yaitu 150 cm, untuk kolam renang yang dua ini sekitar 50 cm dan 60 cm.  Alhamdulillah banyak yang datang kesini dan bilang kalau aman,” jelasnya.

Sebab menurutnya, para pengunjung yang datang di tempat ini tidak serta merta dibiarkan begitu saja. Namun, ada penjaga kolam yang senantiasa mengawasi pengunjung pada saat bermain air, sehingga keamanan dapat terjaga dengan baik.

Bukan hanya itu saja, di Wisata Kampung Air ini, pengunjung  juga dapat mengelilingi sungai dengan menaiki wahana bebek air, dengan membayar Rp10 ribu per wahana.  

“Kalau pas sepi biasanya pengunjung bisa sepuasnya main bebek air, tapi kalau lagi ramai dibatasi empat putaran. Disini ada empat bebek air yang disediakan,” ujarnya.

Sementara untuk bisa masuk ke wisata ini, pengunjung ditarik tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang, dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, kantin, gazebo, spot foto atau bahkan aula.

Tak heran, jika banyak masyarakat yang menjadikan wisata ini, sebagai tempat untuk reoni ataupun acara lainnya, lantaran tempatnya yang bisa menampung banyak orang.

“Tiket per orang Rp10 ribu, tapi seumpama ada rombongan ibu dan anak bisa ditarik hanya Rp15 ribu, alhamdulillah pengunjungnya juga banyak yang dari luar kabupaten,” lanjutnya.

Dengan demikian, maka ia berharap untuk ke depannya, Wisata Kampung Air dapat lebih banyak  dikenal oleh masyarakat luas dan lebih maju lagi. Baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS