Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dijadwalkan Hadir di Haul Sunan Bonang Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Peringatan Haul Sunan Bonang yang ke- 514 tahun ini, rencananya bakal digelar lebih meriah dibandingkan sebelumnya. Kali ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan hadir di Kabupaten Tuban. 

Ketua Yayasan Mubarot Sunan Bonang, Hidayaturohman mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dalam momentum ini. 

"Rangkaian acaranya yang pertama ialah ziarah bersama, petemuan ulama dan umarah pada tanggal 1 Agustus, yang mengundang sekitar 500 alim ulama di makam sunan Bonang," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (1/8/2023). 

Setelah pertemuan bersama para alim ulama tersebut, selanjutnya adalah kegiatan takhtimul Qur'an bin nadhor yang dilakukan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban.  

Berikutnya, rangkaian acara dilanjutkan pada Rabu (9/8/2023), yaitu takhtimul Qur'an bil ghoib, yang Akan diikuti oleh penghafal Alquran yang ada diseluruh  wilayah Jawa Timur. 

Baca Juga:

Kumpulan Doa Dimudahkan Segera Melunasi Utang

Sementara pada malam harinya, akan diadakan pentas sholawat seni Hadroh Indonesia Se-Jawa Timur yang menghadirkan 5.000 jemaah,  bertempat di Alun-alun Kota Tuban.

"Pada puncaknya yaitu Kamis, kita mulai dari khitanan massal yang diikuti oleh 75 anak di Makam Sunan Bonang Tuban, mulai jam 06.00 Wib sampai jam 09.00 Wib," terangnya. 

Selanjutnya, pada pukul 09.00 Wib kegiatan dilanjutkan dengan acara Tahlil Akbar sampai pukul 12.00 Wib, di komplek Makam Sunan Bonang Tuban, dan acaranya puncaknya yaitu pengajian umum yang diproyeksikan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH. Ma'ruf Amin. 

"Tahlil Akbar ini insyaallah nanti pembicaranya adalah KH. Ahmad Muwaffiq dari Yogyakarta. Untuk malamnya adalah acara puncak yaitu pengajian umum, yang insyaallah dihadiri oleh Wapres RI di Alun-alun Tuban dengan pembicara insyaalah Said Aqil Siradj," jelasnya. 

Baca Lainnya:

Mau Meluluhkan Hati dan Memohon Kekayaan, Baca Doa Nabi Sulaiman yang Populer Ini

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Dayat ini juga memprediksi jika peringatan Haul Sunan Bonang tahun ini, menjadi peringatan terbesar, karena animo masyarakat yang sangat luar biasa. 

Hal tersebut, terjadi lantaran peringatan Haul Sunan Bonang secara besar-besaran sudah ditiadakan selama tiga tahun berturut-turut, sehingga perayaan tahun ini menjadi pengobat bagi masyarakat atas kerinduannya. 

"Kemungkinan besar karena tiga tahun vakum, ini akan menjadi peringatan terbesar karena animo masyarakat, yang dulunya biasa-biasa akan datang dan tumpah ruwah di Kabupaten Tuban," sambungnya. 

Dengan demikian, ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, dakwah Sunan Bonang dapat difahami oleh masyarakat. Selain itu, adanya pengajian yang akan dilakukan juga bisa membuat masyarakat lebih mengetahui sosok dari Sunan Bonang dan ajaran-ajaran yang disampaikannya. [Sav/Ali]