Keunikan Pusaka Keris Tangguh Buatan Empu Asal Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Berbicara tentang pusaka yang ada di Kabupaten Tuban tentunya sangatlah banyak. Namun, salah satu pusaka yang menjadi daya tarik tersendiri ialah keris tangguh Tuban

Keris tangguh Tuban adalah salah satu pusaka Tuban yang istimewa, sebab keris ini dibuat di Tuban dari keterampilan tangan seorang empu asli Tuban juga. 

Kepada blokTuban.com, Teguh anggota paguyuban pecinta tosan aji Megalamat Tuban menjelaskan. salah satu keistimewaan dari keris tangguh Tuban yaitu memiliki rentang waktu yang cukup panjang dibandingkan keris tangguh lainnya. 

"Keris tangguh Tuban memiliki rentan usia yang cukup panjang dibandingkan dengan keris tangguh lainnya," ujar Teguh Kepada blokTuban.com, Minggu (30/7/2023). 

Baca Juga:

Festival Seni Tikungan Tajam Tuban Wadah Anak-anak Berkesenian

Menurut Teguh, keris tangguh Tuban bisa dikatakan memiliki rentan usia yang lama sebab, sudah ada sejak Kerajaan Singosari hingga kerajaan Mataram. Sedangkan keris tangguh majapahit hanya ada saat kerajaan Majapahit saja, ataupun tangguh mataram yang ada hanya saat kerajaan Mataram masih ada. 

Disingging terkait pusat pembuatan keris di Kabupaten Tuban tempo dulu, Teguh membeberkan jika saat ini paguyuban Megalamat masih melakukan riset. Namun, beberapa masyarakat Tuban meyakini bahwa di Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan dulunya adalah tempat pembuatan keris di Tuban sebab di sana diyakini pernah disinggahi oleh seorang empu. 

"Kalau lokasi tempat pembuatan keris di Tuban masih kita riset dari beberapa naskah. Diyakini oleh masyarakat berada di Desa Dermawuharjo pernah disinggahi seorang empu bernama Empu Supo," imbuhnya. 

Baca Lainnya:

Festival Asia Afrika Bandung Gerbang Awal Thak Thakan Tuban ke Panggung Dunia

Selain rentan usianya yang lama, keunikan dari sebilah keris tangguh Tuban yaitu memiliki dapur sederhana. Dapur sendiri adalah penamaan untuk bentuk sebuah keris. Nama dapur diberikan sesuai dengan ciri-ciri bentuk yang ada pada keris.

Untuk dapur keris tangguh Tuban umumnya memiliki tiga jenis dapur seperti Brojol, Tilam Mukti dan Tilam Sari. [Nur/Ali]