Sumei Jemaah Haji Asal Tuban Pilih Makan Lontong saat di Tanah Suci

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tangis haru tak bisa terbendung usai seorang wanita bernama Sumei (75) turun dari kendaraan bus pasca pulang dari tanah suci. 

Sekitar pukul 09.00 WIB di Kompi Senapan C Kodim 0811 Tuban, para jemaah haji kloter 24 datang di Kabupaten Tuban. Sumei yang baru selesai menjalankan rukun Islam ke 5 ini, disambut hangat oleh anak dan cucunya. Pelukan dan tangis haru pun menyertai kedatangan nenek 75 tahun ini. 

Diketahui Sumei adalah salah satu Jamaah haji asal Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang masuk kedalam kloter 24.

Ditemui blokTuban, Sumei mengaku sangat bersyukur dan bahagia karena bisa menjalankan ibadah haji. 

"Alhamdulillah sangat senang sudah bisa menjalankan ibadah haji," ujar Sumei kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Sumei memaparkan jika sebenarnya ia awalnya, dijadwalkan berangkat haji pada tahun 2021. Namun karena adanya pandemi menjadikan keberangkatannya diundur 2 tahun menjadi tahun 2023.

Dan alangkah mengejutkannya di usia yang sudah masuk kategori lanjut usia ternyata Sumei berangkat ke tanah suci sendirian. Walaupun sendirian untungnya saat menjalankan ibadah haji ia tidak terkena sakit apapun. 

"Alhamdulillah sekali. Kendati berangkat sendirian, di sana saya tidak pernah sakit apapun, walaupun saat itu juga banyak orang pilek atau batuk," ujarnya. 

Disinggung apakah ada trik tersendiri agar bisa selalu sehat saat menjalankan ibadah haji, menurutnya tak ada trik khusus.

Perihal makanan, Sumei mengatakan tak pilih-pilih makanan saat disana. Namun ia biasanya membeli lontong 3 lonjor seharga 3 Riyal. 

"Saat disana saya tidak pilih-pilih makanan, biasanya saya beli lontong 3 itu seharga 3 Riyal," sambungnya. 

Berbicara terkait ibadah paling berkesan menurut Sumei saat di Madinah yang memiliki kesan tersendiri baginya. Karena di Madinah menurutnya suhunya lebih panas dan saat hendak ke masjid jalannya cukup jauh. 

"Yang berkesan saat di Madinah karena disana lebih panas, mau ke Masjid juga jauh," bebernya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS