Reporter : Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.com - Dalam agenda kunjungan di Kawasan daulat pangan Serikat Petani Indonesia (SPI) yang berada di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah beserta rombongannya diberi suguhan minuman khas Kabupaten Tuban, yaitu legen. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak Menteri Koperasi dan UKM bersama dengan jajarannya sangat menikmati minuman berwarna yang mengandung banyak khasiat tersebut, dengan menggunakan cangkir yang terbuat dari bambu. 

Kepada awak media, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten .... mengatakan jika ia sangat menikmati minuman legen, bahkan mengaku hampir menghabiskan satu botol legen. 

"Saya hampir mau habisin satu botol, tadi saya ditawarin dan saya mau bawa pulang," katanya saat ditemui setelah melakukan panen raya bersama para petani, Sabtu (8/7/2023). 

Menurut pria yang akrab disapa Teten tersebut, ini bukanlah kali pertama ia menikmati minuman khas Kabupaten Tuban tersebut. Pasalnya, setiap berkunjung ke Bumi Wali Tuban, ia selalu mencicipi minuman tersebut. 

"Saya sudah tahu legen, dulu waktu di LPH itu sering minum legen khas sini, itu nikmat. Mangkanya tadi saya habisin dan enak sekali," imbuhnya. 

Sekedar diketahui, legen sendiri merupakan minuman tradisional khas Kabupaten Tuban yang terbuat dari pohon Siwalan atau lontar. Biasanya, untuk menambah kenikmatan minuman tersebut, masyarakat memiliki cara unik untuk menikmatinya yaitu dengan menggunakan centhak atau gelas yang terbuat dari pohon bambu. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS