Giliran Desa Karangtinoto dan Sugiharjo Tuban Ikuti Lomba Agrobisnis Peternakan Jatim

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel dan Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban mendapat giliran untuk mengikuti lomba agrobisnis peternakan tingkat Jawa Timur. 

Desa Karangtinoto diwakili kelompok ternak Karang Tani II kategori sapi potong dan kategori kambing/domba dari kelompok ternak Taman Domba asal Sugiharjo, Tuban kota.

Kedua desa perwakilan Tuban itu, diharapkan mengulang prestasi dua desa sebelumnya. Yakni juara 1 kategori kambing/domba atas nama kelompok Kerabat Ternak asal Kebonagung, Rengel dan juara 2 kategori sapi potong kelompok ternak Sido Mulyo asal Desa Tawaran, Kecamatan Kenduruan.

Kabid Sarana Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban, Hart Novembria Susetyowati mengatakan Tuban hanya mengikuti kategori sapi potong dan kambing/domba karena sapi perah di Kabupaten Tuban milik lembaga pemerintahan.

"Ada beberapa kategori, yaitu sapi potong, sapi perah dan kambing/domba," ungkapnya, Jumat (07/07).

Novi menambahkan, penilaian lomba sudah dilakukan, termasuk verifikasi di lapangan oleh tim juri dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Ketua TP PKK Tuban menambahkan, terkait target setiap kompetisi pasti mengharapkan juara. Namun demikian, dari lomba ini dapat memotivasi para peternak bahwa ada kompetisi, perhatian dan penghargaan dari pemerintah terkait kelompok-kelompok yang bagus dari sisi manajemen dan dinamika kelompok, on farm dan off farm, sisi usaha dan ekonominya.

"Kami selalu memberikan pendampingan agar secara kelembagaan dan SDM dapat terus ditingkatkan. Dengan harapan mampu menjadi nilai tambah dan daya saing produk hasil peternakannya," tandasnya. [Ali]