Tingkatkan Literasi Masyarakat, Komunitas Apelwetan Tuban Buka Lapak Baca

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam upaya mendobrak minat baca masyarakat Kabupaten Tuban, Aliansi Pemuda Pliwetan (Apelwetan) Desa Pliwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban hadirkan lapak baca yang bertajuk "Merdeka Belajar", Kamis (29/06/23) malam. 

Sasaran utama dari program lapak baca yang digalakkan oleh Apelwetan adalah kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. 

Rendy Zuldarino selaku deklarator Apelwetan mengatakan bahwa lapak baca dibuat untuk mendorong literasi agar membuat minat baca buku semakin meluas dan bisa bertahan dari kecanggihan arus global yang semakin sesak serta kecanggihan alat elektronik yang semakin bervariasi. 

Sebenarnya, kata Rendy, Apelwetan yang terdiri dari aliansi masyarakat, mahasiswa, dan seniman ini dibuat sebagai wadah dan tempat bagi kalangan muda mengembangkan pemikiran intelektualnya seperti diskusi dan tempat berkumpul bagi pemuda sekitar. 

Sampai salah satu dari kita mencetuskan ide untuk membuat lapak baca yang bertujuan mengajak anak-anak, remaja sampai dewasa bisa ikut andil untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat sekitar desa,” ujar Rendy Zuldarino kepada blokTuban.com.

Pria yang akrab disapa Rendy menambahkan bahwa buku yang tersedia terdiri dari berbagai genre mulai dari buku anak hingga dewasa. Sementara buku tersebut bersumber dari berbagai sumbangan.

"Untuk buku-buku yang terdiri dari buku politik, sejarah, komik, novel dan lain sebagainya itu merupakan sumbangan sukarela dari donatur dan beberapa dari anggota komunitas yang diberikan untuk lapak baca,” imbuhnya.

Diketahui Apelwetan juga sering kali menggandeng komunitas lain yang melek akan masa depan literasi untuk berdiskusi bahkan beberapa bulan ini komunitas ini juga membuka lapak baca pada festival musik di luar kota. 

Rendy menilai kegiatan membaca dan belajar bisa dilakukan dimanapun tidak hanya sekolah, kampus dan perpustakaan tapi belajar juga bisa dilakukan saat di jalanan atau tempat-tempat umum sekalipun, bertemu dengan berbagai macam manusia bertukar pikiran.

“Semoga kedepannya bisa lebih maju lagi dan banyak lagi yang datang untuk membaca dan bergabung,” pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS