Ikuti Festival Humanoid di Jakarta, Seniman Pantomim Asal Tuban Raih Juara 3

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Seniman Pantomim di Kabupaten Tuban, menghadiri undangan berlaga di Festival Humanoid Kota Tua Jakarta, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 Kota Jakarta, dan berhasil menjadi juara ke 3 dalam acara ini.

Seniman tersebut ialah Arifin, warga yang tinggal di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Kepada blokTuban.com, Arifin mengatakan jika juara tiga yang berhasil diraihnya tersebut, setelah ia mengalahkan 50 peserta lainnya, yang berasal dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

“Kita diundang dalam acara Festival Humanoid Hari Jadi Jakarta di Kota Tua, dan mendapatkan juara 3. Ada 50 peserta seleksi dari berbagai kota diseluruh Indonesia,” katanya kepada blokTuban.com, Jumat (30/6/2023).

Adapun judul karya humanoid yang dibawakannya sendiri ialah ‘Hero From Java’ sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Dimana, dalam pelaksanaanya, para peserta lomba menjadi humanoid, seperti manusia patung dengan durasi kurang lebih 30 menit.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Ipin ini melakukan berbagai persiapan sebelum mengikuti festival tersebut. Mulai dari latihan fisik, mental, maupun melatih fokus untuk berkonsentrasi.

“Persiapan di rumah latihan fisik dan mental, terutama konsentrasi. Karena peserta tidak boleh bergerak (statis) selama kurang lebih 30 menit, juga menyiapkan kostum sekitar seminggu,” jelasnya.

 

Diakuinya, kepercayaan untuk dirinya dapat ikut mengambil bagian dalam festival tersebut, dilatarbelakangi karena sebelumnya, pantitia dalam kegiatan itu turun langsung ke daerah-daerah, salah satunya di Jawa Timur. Hal tersebut, dilakukan untuk memantau para seniman pantomim, sehingga terpilihlah empat tim perwakilan dari Jawa Timur.

Seperti halnya tim pantomim dari Kabupaten Tuban, Seniman Pantomim dari Kabupaten Gresik, Pantomim dari Kabupaten Bojonegoro, dan Pantomim dari Kabupaten Jombang.

“Prosesnya bagaimana panitia memilih saya itu kurang tahu, tapi mungkin karena kami selalu konsisten berkarya, dan insyaallah terus istiqomah berkesenian, itu mungkin yang terpantau,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan juara yang telah diraihnya dalam Festival Humanoid tersebut, maka Ipin berharap untuk ke depannya ia dapat lebih berkembang dan terus berkarya lagi. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS