Cetak Kader Militan, Ansor Tuban Gelar PKL 2023 di IAINU Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Pimpinan Cabanag (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tuban menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) 2023 pada 30 Juni hingga 3 Juli di kampus IAINU Tuban. Kegiatan pengkaderan ini dibuka langsung ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur (Jatim) H.M. Syafiq Syauqi.

 

PKL 2023 PC GP Ansor Tuban resmi dibuka langsung oleh Gus Syafiq pada Jum'at siang. Dalam sambutannya ia berpesan agar para kader tidak ragu-ragu berkhidmat di Ansor.

 

"Jangan ragu dan takut kalau mengurusi Ansor, karena organisasi ini Mbarokahi (memberi barokah)," pesan Gus Syafiq di depan ratusan kader yang hadir di Kampus IAINU Tuban.

 

Baca Juga:

Gelar Raker, Ansor Tuban Fokus Kembangkan Potensi Kader untuk Mandiri

Ansor: Sudahi Polemik Aturan Pengeras Suara, Jangan Termakan Hoax!

Sukses Ikuti Susbalan, Perwira Banser Harus Tangguh dan Militan!

Ansor Tuban Dirikan ‘Ansor Mart’ ini Tujuannya

 

Ditambahkan mantan Ketua PC GP Ansor Tuban dua periode itu, sudah banyak kader yang sukses lantaran khidmat di Ansor dengan serius. Mereka cukup mapan baik di dunia kerja maupun secara sosial juga pada taraf kemapanan.

 

"Semoga kader Ansor semua barokah hidupnya, barokah pekerjaannya dan barokah keluarganya," tambah Gus Syafiq.

 

Ketua panitia PKL 2023, Agus Mukarrom Ashrofi menerangkan, selain diikuti kader Ansor dari Kabupaten Tuban, PKL tahun ini juga diikuti utusan kader dari PC GP Ansor kabupaten tetangga. Jumlah pesrta yang terdaftar secara resmi ada 90 kader.

 

"Selain dari Tuban, ada 5 orang kader dari PC GP Ansor kabupaten tetangga, yaitu 3 orang dari Lamongan, 1 orang dari Gresik, dan 1 orang dari Kabupaten Bojonegoro," terangnya, usai pembukaan, Jum'at (30/6/2023).

 

Baca Juga:

Ansor Tuban Yakin Gus Yaqut Akan Perhatian ke Pesantren

Tak Punya Kuota Internet, PC Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah

Ansor Tuban Satu Komando Desak Jokowi Reshuffle Menag

PC GP Ansor Tuban Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

 

Usai mengikuti PKL, kader lanjutan ini diharapkan militansinya semakin terbangun. Selain itu mereka mampu menjalankan misi organisasi di tingkatan masing-masing, yaitu menjaga ajaran Islam Aswaja agar tetap berkembang dan merawat kejayaan NKRI.

 

"Tujuan tersebut sesuai dengan tema PKL, yaitu Membangun Militansi Kader Untuk Kemandirian Organisasi," imbuh Gus Kirom, sapaan akrabnya.

 

Pada kesempatan yang sama, ketua PC GP Ansor Kabupaten Tuban, Ahmad Ja'far Ali mengatakan, PKL ini merupakan agenda pengkaderan yang wajib dilaksanakan pada tingkatan pimpinan cabang. Dari tahun ke tahun Gerakan pemuda Ansor Tuban terus melakukan perbaikan internal, agar program kerja dan pengkaderan dapat berjalan sesuai ritmenya.

 

"PKL ini bagian penting dari Gerakan pemuda Ansor untuk terus meningkatkan kapasitas internal," kata Gus Afa.

 

Di dalam tubuh Ansor, lanjut Gus Afa, regenerasi mutlak harus dilakukan. Karena Ansor ini adalah organisasi kaderisasi untuk dipersiapkan melanjutkan ke Nahdlatul Ulama.

 

"PKL ini adalah kegiatan kaderisasi yang wajib dilakukan di Gerakan Pemuda Ansor," tandasnya. [rof]