1.800 Warga Muhammadiyah Tuban Salat Idul Adha di MIM 3 Panyuran

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Puluhan ribu warga Muhammadiyah di Kabupaten Tuban, mengikuti salat Idul Adha yang digelar di 47 titik di Kabupaten setempat, Rabu (28/06/2023) pagi. Meski berbeda dengan Pemerintah dan NU, pelaksanaan sholat id berjalan khusu’ dan lancar hingga selesai. Bahkan di sejumlah tempat, jumlah jamaah datang membludak.

Salah satunya seperti terpantau di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 3 Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Kawasan sekolah ini mendadak disulap menjadi tempat salat idul adha oleh warga Muhammadiyah kelurahan setempat.

Tempat ini, merupakan 1 dari 47 tempat yang dijadikan lokasi sholat id warga Muhammadiyah di Kabupaten Tuban. Sejak pagi, para jamaah datang bersama dengan keluarga dan kerabat mereka. 

Tepat pada pukul 06:15 WIB, salat id dimulai dengan imam sekaligus khatib Ustadz Nabil Labib. Membludaknya jumlah jamaah yang datang, membuat tempat ini tidak mampu menampung hingga sebagian warga yang datang harus mengikuti sholat id di sisi Jalan Raya Daendels. Meski demikian, pelaksanaan sholat id tersebut tetap berjalan khusu’ dan lancar hingga selesai.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban, Edi Utomo mengatakan, salat idul adha yang digelar di MIM 3 Panyuran Tuban ini diikuti sekitar 1.800 warga Muhammadiyah. Sementara secara keseluruhan di Kabupaten Tuban ada 47 titik yang menggelar salat id dengan perkiraan diikuti antara 20 ribu hingga 30 ribu jamaah. 

“Jadi ini adalah 1 dari 47 titik yang melaksanakan salat Idul Adha di Tuban. Disini diikuti sekitar 1.800 jamaah dan secara keseluruhan di Tuban ada antara 20 sampai 30 ribu jamaah. Alhamdulillah laporan yang kami terima disemua titik pelaksanaan slat id berjalan lancar,” ungkap Edi Utomo. 

Menurutnya, kelancaran pelaksanaan salat idul adha yang digelar warga Muhammadiyah di Tuban, menunjukkan bahwa masyarakat telah dewasa menghadapi perbedaan. 

“Mudah-mudahan ini jadi pertanda bahwa kedewasaan kita menghadapi perbedaan itu hal yang biasa dan dibuktikan lagi bahwa di Tuban semua berjalan lancar,” tegas Sekretaris PDM Tuban.

Sekedar diketahui, Muhammadiyah melaksanakan Hari Raya Idul Adha pada Rabu 28 Juni 2023, sementara Pemerintah dan NU baru akan menggelarnya Kamis 29 Juni 2023. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS