Pemkab Tuban Terima dan Salurkan Hewan Kurban 21 Sapi dan 4 Kambing

Reporter: Ali Imron 

blokTuban.com - Pemkab Tuban menerima dan menyalurkan hewan kurban pada Idul Adha 1444 H/ 2023 M. Kabag Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tuban, Joko Purnomo menyampaikan saat ini Pemkab Tuban telah menerima sebanyak 21 sapi dan 4 kambing. 

Hewan kurban tersebut diperoleh dari OPD Pemkab Tuban sebanyak 10 sapi, sedangkan sisanya berasal dari perusahaan dan sektor swasta di kabupaten Tuban seperti dari PT Semen Indonesia Group (SIG) Persero, (Tbk) yang diserahkan hari ini di Pemkab Tuban.

“Kami menargetkan pada Idul Adha tahun ini terkumpul sebanyak 25 sapi dan 15 kambing,” ungkapnya, Selasa (27/06/2023). 

Hewan kurban akan disalurkan ke tiap kecamatan, lembaga keagamaan dan kemasyarakatan. Proses penyaluran hewan akan dimulai siang ini hingga besok.

Joko Purnomo menyatakan hewan kurban yang akan disalurkan telah memiliki surat keterangan hewan sehat. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban dan dokter hewan untuk mengecek kesehatan hewan.

Jika ditemukan hewan kurban yang kurang sehat akan dikarantina dan ditukar dengan hewan kurban yang sehat dan layak.

Lebih lanjut, panitia hewan kurban diminta membagikan daging kurban kepada mereka yang berhak. “Terutama mereka yang tergolong masyarakat miskin,” tambahnya.

Terkait dengan perbedaan pelaksanaan Idul Adha 1444 H, Mantan Camat Kenduruan ini mengimbau masyarakat untuk saling menghormati dan tidak menjadikan hal tersebut sebagai permasalahan. Sebaliknya, perbedaan yang ada harus dipandang sebagai motivasi mempererat kerukunan antar masyarakat.[Ali/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS