Duta Anti Narkoba Tuban Terpilih, Ada 1.093 Peserta Gugur

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Grand Final Pemilihan Duta Anti Narkoba Tahun 2023 sekaligus Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023, sukses digelar secara meriah oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban (BNNK), Minggu (25/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNNK Kabupaten Tuban, Tri Tjahyono menyebut jika kegiatan ini sebagai bentuk penguatan pencegahan dalam akselerasi perang melawan narkotika, terutama di kalangan SMA ataupun sederejat. 

"Kita ketahui bahwa usia SMA adalah masa pencarian jati diri, yang perlu kita isi dengan kegiatan positif, yang dapat meningkatkan daya tangkal remaja dari pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan pemahaman terhadap remaja atau generasi muda bersama BNN dalam perang melawan narkoba, dengan cara yang lebih kreatif dan juga inovatif sesuai dengan perkembangan zaman. 

Menurut Tri, sapaan akrabnya, dalam pemilihan Duta Anti Narkoba Tahun 2023 ini, pihaknya berhasil menjaring perserta sebanyak 1.113 dari tingkat SMA sederajat. Namun, dalam audisi yang telah dilakukan, BNNK Tuban berhasil menyeleksi sebanyak 20 finalis yang 16 sekolah yang ada di Kabupaten Tuban. 

"20 finalis Duta Anti Narkoba sudah dilaksanakan tes urine, dengan hasil yang negatif dan pembekalan selama 1,5 bulan dengan pengayaan materi P4GN. Yaitu Publik Speaking, Teknik Komunikasi dan Informasi Sosial Media, Kedwork Modeling And Style," katanya. 

Tak hanya itu saja, ia juga menyebut bahwa para finalis mendapatkan tugas sosial project, yang berupa kegiatan eksperimental dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, baik secara tatap muka maupun media sosial. 

"Kami juga memberikan pembekalan kepada para orangtua finalis dengan kegiatan ketahanan keluarga anti narkoba," pungkasnya. 

Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya Duta Anti NarKoba di Kabupaten Tuban, dapat tumbuh ketahanan masyarakat anti narkoba. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky  yang turut hadir dalam kesempatan tersebu memberikan apresiasi kepada BNNK Tuban dan juga 20 finalis Duta Anti Narkoba yang Hadir. 

Menurutnya, potensi yang dimiliki oleh finalis tersebut, menunjukkan bahwa kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) di Kabupaten Tuban siap bersaing. Bukan hanya di tingkat kabupaten, provinsi ataupun nasional saja, akan tetapi juga siap bersaing dikancah International. 

"Adek-adek yang nantinya terpilih sebagai rollmodel SDM di Kabupaten Tuban dapat menjadi teladan, bukan hanya dilingkup kecil keluarga, namun ditempat sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya," ujarnya. 

Di samping itu, orang nomor satu di Kabupaten Tuban tersebut juga mengucapkan selamat kepada para orangtua yang telah melahirkan dan menanamkan nilai baik kepada para putra-putrinya yang berbakat dan nantinya diharapkan bisa menjadi pondasi kuat Kabupaten Tuban dalam berdaya saing.

Sekedar diketahui, pemenang dari ajang Duta Anti Narkoba Kabupaten Tuban tahun 2023 ialah  Ricky Rahardyan Subagyo (SMAN 1 Tuban) untuk putra, Laras Ayu Pradanti (SMAN 2 Tuban) untuk putri.

Juara kedua, diraih Aufa Ghaly Mubarok ( MA Sains Bina Insan Kamil Tuban) untuk putra, Irma Fitriah Qurrotul Aini (MAN 2 Tuban) untuk putri. Dan untuk juara ketiga, diberikan kepada  Tri Wahyu Putra ( SMKN 1 Tuban) untuk putra, Febrianti Azzahra Wicaksono (SMKN 1 Tuban) untuk putri. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS