Ada Green House Salt Tunnel, Berwisata di Pantai Kelapa Tuban Sambil Bikin Garam

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pengelola Wisata Pantai Kelapa terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung, dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan ataupun keamanan bagi para wisatawan. Salah satunya, dengan menghadirkan Green House Salt Tunnel di wisata tersebut. 

Kepada blokTuban.com, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa Tuban, Muhasan mengatakan jika adanya Green House Salt Tunnel di Pantai Kelapa bertujuan untuk memberikan wahana edukasi kepada para pengunjung, khususnya para pelajar dalam proses pembuatan garam. 

Pasalnya, Green House Salt Tunnel sendiri  merupakan proses pembuatan garam dengan menggunakan metode tunnel. Dimana, proses pembuatan dalam sistem trowongan ini  merupakan trobosan baru yang tidak seperti pembuatan garam pada umumnya. 

"Sehingga kedepan bisa digunakan sebagai wahana edukasi bagi para pengunjung, khususnya para pelajar dalam hal proses pembuatan garam dengan sistem terowongan yang lebih aman dan nyaman serta lebih steril," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (25/6/2023). 

Menurut Hasan, sapaan akrabnya, inovasi ini dipilih lantaran adanya potensi alam yang melimpah di Wisata Pantai Kelapa, yaitu air laut. Sehingga ia berinisiatif untuk memanfaatkannya dan mengembangkannya sebagai wisata edukasi bagi para pengunjung. 

Setidaknya, kurang lebih sudah ada sekitar sembilan tunnel yang terpasang di wisata yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tersebut.

"Dengan demikian bisa berkelanjutan panjang selanjutnya kondisi negara kita secara menasional agaknya masih membutuhkan produksi banyak garam ini di tinjau dari sisi kebutuhan garam nya," jelasnya. 

Dengan demikian, Hasan berharap dengan adanya inovasi baru ini, maka diharapkan semakin benyak menarik pengunjung, serta juga dapat sebagai tempat eduwisata bagi para pelajar yang membutuhkannya. 

Sebab, selain sebagai eduwisata, ke depannya Green House Salt Tunnel ini juga dapat digunakan wisata yang ingin melakukan terapi air garam. Kendati saat ini, tempat terapi tersebut masih dalam proses pembuatan. 

"Kita pinginnya menjadi eduwisata bagi para pelajar yang membutuhkannya. Dengan demikian kunjungan wisata pantai kelapa akan banyak dikunjungi wisatawan dengan berbagai macam latar belakang dari yang berkeluarga dengan piknik atau para pelajar," tutupnya [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS