Pemkab Tuban Siapkan Strategi Hadapi Dampak El Nino

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, mulai menyiapkan strategi guna menghadapi dampak dari adanya penguatan El Nino.

Diketahui, fenomena terjadinya penguatan El Nino pada musim kemarau 2023, diprediksi akan berlangsung mulai Bulan Juni 2023 ini. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk menghadapinya.

Salah satu sektor yang menjadi perhatian Pemkab Tuban pada penguatan El Nino ini sendiri, yaitu adanya peningkatan potensi kebakaran hutan, kesulitan air bersih dan juga kekeringan yang berkepanjangan.

Artilel lainnya:

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Fenomena El Nino yang Berpotensi Kekeringan Panjang

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengatakan guna mengantisipasi datangnya El Nino, pihaknya telah mengadakan rapat koordinasi yang melibatkan seluruh stakeholder terkait. Mulai dari BMKG, Camat Se-Kabupaten Tuban, Dinas PUPR, DLHP, maupun OPD terkait.

“Kami mewaspadai daerah-daerah yang tahun kemarin rawan air bersih,” katanya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Kamis (15/6/2023).

Kendati demikian, wilayah yang pada tahun-tahun sebelumnya kekurangan air bersih, saat ini sudah mulai teratasi dan berkurang karena telah ditangani oleh Pemkab Tuban.

Artikel lainnya: 

Indonesia Berpotensi Terkena El Nino, Ini Dampaknya Bagi Wilayah Tuban

Dalam mengantisipasi dampak dari adanya El Nino terhadap keberadaan air bersih di Kabupaten Tuban, lanjutnya, pihaknya akan melakukan penanganan secara permanen.

“Penanganan kekurangan air bersih ini, harus kita tangani secara permanen dan tidak hanya dropping air saja. Oleh karena itu, titik penanganannya adalah di teman-teman PUPR dan PDAM,” katanya.

Sementara tim BPBD Kabupaten Tuban sendiri, akan melakukan backup apabila terdapat kegagalan teknologi. Seperti halnya HIPPAM yang sibelnya trobble ataupun PDAM yang mengalami kegagalan.

“Supaya konteks penanganan kekeringan ini bukan bersifat sementara saja,” sambungnya.

Dengan adanya sinergi ini, maka pria yang akrab disapa Darmaji ini berharap untuk ke depannya, seluruh pihak dapat menjalankan tugas dan juga fungsinya masing-masing. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS