Apa Itu Penyakit 'Ain dan Doa Meminta Perlindungan Allah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pernahkan mendengar suatu penyakit yang datang dari pandangan mata? Dalam Islam ini disebut penyakit 'Ain.

Seperti dikutip dari NU Online, para ulama mengartikan 'Ain sebagai berikut

والعين نظر باستحسان مشوب بحسد من خبيث الطبع يحصل للمنظور منه ضرر

"Ain adalah pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang memiliki tabiat buruk yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya."

Penyakit 'Ain ini bahkan bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Tentu hal ini berbahaya bagi orang yang terkena.

Menurut pandangan salah seorang dokter yang dimuat dalam Majalah Kesehatan Muslim, Raehanul Bahraen menyebut penyakit ain adalah penyakit baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub..

Pada riwayat hadits Bukhari & Muslim, Rasulullah pernah bersabda,

الْعَيْنَ حَقٌّ

"'Ain adalah hak (benar adanya)". 

Doa Memohon Perlindungan dari Penyakit 'Ain

Dikutip dari sejumlah sumber, salah satunya Buku Induk Doa dan Dzikir terdapat hadits Nabi yang mengandung doa untuk berlindung dari penyakit 'Ain, diantaranya:

Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri RA, ia menceritakan bahwa Nabi selalu berta'awwudz dari godaan jin dan 'ain manusia, sehingga turun surah Al-Muawwidzatain yakni Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas.

Nabi Muhammad SAW dikatakan membiasakan membaca surat keduanya untuk terhindar dari gangguan jin dan ain manusia.

كانَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليْهِ وسلَّمَ يتعوَّذُ منَ الجانِّ وعينِ الإنسانِ حتَّى نزَلتِ المعوِّذتانِ فلمَّا نزلَتا أخذَ بِهِما وترَكَ ما سواهما

"Rasulullah selalu ber-ta'awwudz dari jin dan 'ain manusia hingga turunlah surat Mu'awwidzatain. Setelah kedua surat itu diturunkan, beliau mengambil keduanya dan meninggalkan yang lain". (HR Tirmidzi & Ibnu Majah)

Bacaan doa memohon perlindungan dari penyakit ain dalam sabda Rasulullah di atas yakni:

أَعوذ بِكَلماتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، من كلِّ شيطانٍ وَهامَّةٍ، ومن كلِّ عينٍ لامَّةٍ

A'udzubikalimatillahit tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli 'ainin liammatin

"Aku berlindung kepada Allah untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua setan dan binatang yang berbahaya serta dari 'ain yang mencela."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS