Lato-Lato, Mainan Tradisional Digandrungi Anak-anak Tuban Lagi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Lato-lato merupakan alat permainan tradisioal berupa dua bola plastik yang dihubungkan, dengan menggunakan seutas tali. Biasanya, bagian tengah tali terdapat ikatan berbentuk lingkaran, untuk dimasukkan ke jari agar bisa dimainkan dengan menggoyangkann kedua bola naik-turun.

Tindakan ini, tentu menimbulkan ketukan secara berulang-ulang. Belakangan ini, permainan Lato-lato kembali digadrungi oleh anak-anak setelah viral di Media Sosial (Medsos) Tik-tok. 

Bagi generasi 90-an, permainan ini memang sudah tidak asing lagi karena sudah menjadi mainan sehari-hari pada zamannya. Namun bagi generasi milenial, permainan Lato-lato masih terasa baru, ditengah gempuran permainan yang biasa dimainkan di gadget.

Salah seorang penjual Lato-lato asal Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Sonya Ulfaninda membenarkan jika permainan tersebut, kini banyak digemari dan dicari oleh anak-anak di Kabupaten Tuban.

“Mainan Lato-lato yang sekarang ini memang kembali menjadi ramai dan diminati oleh anak-anak, untuk antusiasnya sendiri cukup  bagus,” paparnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi, Rabu (21/12/2022).

Menurut Sonya, sapaan akrabnya, harga Lato-lato yang dijualnya juga sangat ramah dikantong anak-anak. Pasalnya, satu buah permainann berbetuk bulat ini, dijualnya dengan harga Rp5 ribu hingga Rp8 ribu saja.

Selain harganya yang murah, keberadaan permainan ini juga membawa dampak positif bagi anak-anak. Pasalnya, dengan bermain Lato-lato fokus anak terhadap gadget bisa teralihkan dan dapat lebih menikmati masa bermain dengan teman-teman sebayanya.

“Untuk dampaknya pasti ada plus minusnya, plusnya anak-anak bisa lebih menikmati dunia anak-anaknya, tidak terfokus pada gadget. Minusnya mainan ini keras, kalau tidak hati-hati bisa kena kepala,” sambungnya.

Lebih lanjut, perempuan ramah ini juga menambahkan, jika keunikan dari permainan Lato-lato tersebut adalah pada cara penggunaannya. Sebab, semakin lama Lato dimainkan, maka semakin membuat anak penasaran dan menjadi tantangan tersendiri.

Sekedar diketahui, toko milik Sonya sendiri, berada di Jalan Raya Grabagan Tuban. Selain menjual permainan Lato-lato, di Toko Barokah Plastik ini juga menjual berbagai macam peralatan lainnya, seperti plastik, mika, HDPE, PE, PP, kotak nasi, dan berbagai kebutuhan lainnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS