Kumpulan Doa-Doa untuk Orang Tua, Dibaca Spesial di Hari Ibu

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sebagai wujud syukur kepada Allah telah dilahirkan di dunia dan dirawat dengan kasih oleh orang tua, maka mendoakan untuk kebaikan dan keselamatannya di dunia dan akhirat adalah kado yang tiada ternilai harganya.

Berikut ini kumpulan doa-doa yang dapat dibaca oleh anak kepada orang tua. Terspesial nanti di hari ibu yang diperingati pada tanggal 22 Desember.

 

1. Doa sehari-hari untuk ibu

Tidak hanya di hari ibu saja, doa ini juga bisa dibaca di setiap akhir sholat baik wajib dan sunnah.

"Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kamaa rabbayanii shaghiraa"

“Wahai Tuhanku, ampunilah kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku saat kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki ataupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,”

 

2. Doa supaya ibu panjang umur

Melihat ornag tua yang hidup sehat dan tkeun beribadah adalah kenikmatan tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendoakan ibu supaya panjang umurnya.

"Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati al ahyaa'I minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi."

"Ya Allah, berikanlah ampunan atas dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana mereka berdua merawatku saat aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh muslimin dan muslimat, orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berikanlah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang penuh belas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan atas pertolongan-Mu."

 

3. Doa yang dibaca pada hari ibu

"Rabbighfir lÄ« wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānÄ« shaghÄ«ran, waghfir lil mu’minÄ«na wal mu’mināti, wal muslimÄ«na wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti."

“Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i UlÅ«middÄ«n, [Kairo, Darus Syi’b: tanpa tahun], halaman 578).

 

4. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia

Bagi Anda yang sudah menjadi seorang piatu, tentu saja ada doa tersendiri yang bisa Anda berikan pada Ibu yang telah berada di surga seperti berikut.

“Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa 'asfihaa wa fu'anhaa wakrim nudzulahaa wawasi' mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a'idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.”

"Ya Allah, ampunilah dia, berikanlah rahmat kepadanya, selamatkan, maafkan, dan tempatkanlah dia di tempat yang mulia (surga), luaskan liang kuburannya, mandikan dia menggunakan air salju dan air es. Bersihkan dia dari setiap kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berilah rumah yang lebih baik lagi dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik lagi daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik lagi daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS