Doa Supaya Hujan Deras Berhenti, Bahasa Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Doa supaya hujan deras berhenti sepertinya banyak yang perlu mengamalkannya belakangan ini. Sebab musim penghujan terkadang menyebabkan hujan deras yang bahkan disertai angin.

Hujan turun dalam pandangan keagamaan adalah salah satu rahmat Allah SWT. Hujan bagi sebagian orang, seperti petani atau penduduk yang tinggal di kawasan kering.

Maka ketika turun hujan pertama adalah  mengucap syukur atas nikmat Allah. Namun ketika hujan turun sangat lebat, harapannya agar hujan tersebut tidak membawa musibah.

Dahulu ketika hujan lebat terjadi di zaman Nabi Muhammad menjadi sumber bencana bagi masyarakat. Hujan tersebut sempat menyebabkan stok makanan yang ada telah busuk dan akses jalan tertutup.

Baca juga: 

- Bacaan doa Iftitah Versi Panjang, Pujian untuk Allah dan Rasulullah

- Bacaan doa-doa Istighotsah Lengkap, Amalan Memohon Pertolongan Allah SWT

- Doa Agar Miliki Penglihatan yang Tajam

Atas peristiwa tersebut, Nabi Muhammad menganjurkan kepada umatnya untuk berdoa, supaya hujan tersebut tidak sampai merusak lebih parah. Sebuah Riwayat Hadist yang dikutip dari NU Online, dalam Bukhari dan Muslim, berikut doa yang diajarkan Rasulullah.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Selain itu dalam Firman Allah yang tertulis di Al-Qur'an telah menyebutkan dalam Surat Hud ayat 44. Firman ini turun ketika kaum Nabi Nuh, golongan kafir yang hanyut dalam hujan badai.

 ÙˆÙŽÙ‚ِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ Û– وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Wa qīla yā arḍubla'ī mā`aki wa yā samā`u aqli'ī wa gīḍal-mā`u wa quḍiyal-amru wastawat 'alal-jụdiyyi wa qīla bu'dal lil-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS