Doa agar Sehat Mental, Ajaran Rasulullah Kepada Siti Fatimah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini kerap digembar-gemborkan terkait kesehatan mental di berbagai platform dan media sosial. Rupanya untuk generasi sekarang, kesehatan mental adalah sesuatu yang memiliki nilai penting.

Untuk menjaga kesehatan mental, berikut ini doa yang dikutip dari NU Online yang diajarkan oleh Rasulullah kepada putrinya Siti Fatimah ra.

Baca juga: Doa Sebelum Bekerja, Agar Diberkahi Rezeki yang Halal dan Baik

Ini lafal doa yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai, Ibnu Sunni, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ 

Yā hayyu, yā qayyÅ«mu, bi rahmatika astaghÄ«tsu, ashlih lÄ« sya’nÄ« kullahÅ«, wa lā takilnÄ« ilā nafsÄ« tharfata ‘aynin. 

“Wahai Zat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Janganlah Kaubiarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap.”

Doa baik ini dianjurkan untuk diamalkan sehari dua kali. Rasulullah meminta Siti Fatimah membacanya setiap pagi dan petang.

Baca juga: Doa Agar Miliki Penglihatan yang Tajam

Dengan membaca doa tersebut, sebagai seorang haba yang memiliki keterbatasan dalam segala urusan dikembalikan kepada Allah SWT. Memohon rahmat dan keterlibatan Allah dalam setiap urusan yang tengah dikerjakan atau dilalui.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS