Dua Jam Dirawat, Satu PDP di Tuban Kembali Meninggal

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Tuban kembali meninggal dunia, pada Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.

 

PDP tersebut perempuan (39) asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Pasien ini  meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama dua  jam di RSUD dr. R Koesma Tuban.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, Heri Prasetyo mengungkapkan, PDP yang sehari-harinya sebagai penjual gorengan tersebut masuk RSUD dr R. Koesma, pada Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 15.30 WIB dengan diagnosa PDP Pneumonia Bilateral (infeksi paru-paru).

 

"Kondisi yang bersangkutan saat dibawa ke RSUD dr. R Koesma Tuban, kondisi umumnya jelek dan mengalami sesak nafas berat," terang Heri yang juga sebagai Koordinator Bagian Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

 

Selanjutnya, PDP tersebut dilakukan pemeriksaan Rapid Test untuk mengetahui apakah terjangkit Covid-19 atau tidak dan hasilnya reaktif. Namun, PDP tersebut belum dilakukan Tes Swab sebelum meninggal dunia.

 

"Berdasarkan pemeriksaan Rapid Test dengan hasil reaktif namun belum dilakukan pemeriksaan Swab," imbuhnya.

 

Selanjutnya, jenazah dilakukan pemulasaran di rumah sakit sesuai dengan protokol kematian akibat Covid-19. Dan jenazah di makamkan di Pemakaman Umum Desa Karangagung oleh tenaga pemakaman dari Tim Relawan.

 

Heri juga menegaskan, selain kabar duka atas meninggalnya satu lagi PDP ini. Selasa (5/5/2020) itu juga ada satu PDP perempuan asal Kecamatan Merakurak yang dirawat di RSUD dr. R Koesma Tuban dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19.

 

"Satu orang PDP asal Merakurak juga telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19," tutupnya.

 

Diketahui, berdasarkan update persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban per 5 Mei 2020. Jumlah ODP kini berjumlah 577 orang dengan jumlah yang telah selesai dipantau berjumlah 434 orang.

 

Sementara itu, jumlah PDP ada sebanyak 32 orang, 9 di antarannya dinyatakan negatif dan sembuh, 8 PDP meninggal dunia dan sisanya masih dirawat di Rumah Sakit. Sedangkan jumlah Positif Covid-19 ada sebanyak 4 orang, 3 orang dalam perawatan di rumah sakit dan 1orang meninggal dunia.[hud/ono]