Di Tuban, Program Kartu Sembako Murah Baru akan Disosialisasikan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Program andalan Presiden Joko Widodo pada masa kampanye tahun 2019 lalu yaitu, kartu sembako murah mulai dilaksanakan  pada awal tahun 2020 ini. 

Menanggapi hal tersebut, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Tuban mengatakan, di Tuban baru akan disosialisasikan.

"Besok, Kemensos baru akan telekonfrens dengan para Kepala Dinsos se Jatim di Surabaya. Mungkin dari situ baru kami akan sosialisasikan," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan, Perlindungan dan jaminan sosial, Rita Zahara Afrianti. Jumat (17/1/2020).

Ia menambahkan, sebenarnya program tersebut pergantian dari program pemerintah sebelumnya yaitu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Istilah penyebutan yang diganti agar lebih mudah dan yang menerima juga tetap yang sebelumnya mendapatkan  BPNT, terakhir pada tahun lalu berjumlah 80.872," ungkapnya.

Namun pada program ini, pemerintah menaikkan anggaran. Jika dulu  setiap keluarga mendapatkan Rp110 ribu yang hanya bisa ditukar dengan beras dan telur, kali ini menerima Rp150 ribu dan bisa ditukar dengan berbagai macam kebutuhan pokok sesuai ketersediaan pangan yang ada di setiap wilayah. 

"Bisa di tukar dengan, beras, terlur, kacang - kacangan, daging sapi, daging ayam, ikan, tepung dan setiap wilayah tentunya berbeda," ujarnya. [nid/col]