Tuban Raih SRA Terbanyak se Indonesia, DPRD Berharap Kualitas Pendidikan Ditingkatkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Akhir tahun 2019 ini Kabupaten Tuban meraih penghargaan kategori Sekolah Ramah Anak (SRA) terbanyak se Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Senin (9/12/2019) kemarin.

Atas diraihnya prestasi itu, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban yang membidangi pendidikan mengapresiasi atas diraihnya penghargaan itu. Menurutnya, Kabupaten Tuban memang layak mendapatkan prestasi dari Kementrian PPPA.

"Tuban sudah layak mendapatkan penghargaan itu," terang Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban, Tri Astuti, Kamis (12/12/2019).

Meski begitu, Komisi IV berharap agar capaian itu mampu diwujudkan di setiap jenjang pendidikan dengan menghadirkan ruang belajar, lingkungan yang nyaman, bersih, bebas, terlindungi serta terpenuhi hak-hak para siswanya. Sebab, hampir sebagian waktu pendidikan anak ada pada lingkungan sekolah.

"Kami berharap dengan diraihnya prestasi itu dinas terkait, pihak sekolah, guru dan para siswa mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang berkemajuan," harap politisi Partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya partisipasi anak, partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, stakeholder serta dunia usaha juga sangat penting. Diharapkan dengan hubungan yang lebih akrab dan berkualitas itu bisa memudahkan pemantauan konsidisi anak selama berada di sekolah. 

"Lingkungan yang nyaman akan mampu memberikan kenyamanan dalam proses belajar, sehingga prestasi akademik juga mampu di tingkatkan," pungkasnya.

Sebatas diketahui, Kementerian PPPA RI mencatat ada sebanyak 1.833 sekolah di Kabupaten Tuban yang masuk kategori SRA. Jumlah tersebut membawa Kabupaten Tuban memperoleh penghargaan dari Kementerian PPPA kategori SRA terbanyak se Indonesia.[hud/col]