Siapkan Lapangan Kerja, MA P2K Al-Hidayah Kerjasama dengan Minimarket Asal Amerika

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Madrasah Aliyah (MA) Penyelenggara Program Ketrampilan (P2K) Al-Hidayah Lajukidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban dan sebuah minimarket Internasional yang berasal dari Amerika Serikat memperkuat sumber daya manusia di bidang waralaba yang berkembang semakin pesat. 

Hal tersebut tertuang dalam kegiatan Sosialisasi dan Kerjasama dalam bidang pembinaan dan penyaluran tenaga kerja pasca lulus sekolah dari madrasah. 

Kepala MA P2K Al-Hidayah Lajukidul, Kun Sholihaddin Fatma mengungkapkan, tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan sumber daya manusia peserta didik MA P2K Al-Hidayah Lajukidul agar siap kerja.

"Kita sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan. Tujuannya memberi ruang pada peserta didik untuk berkarir pasca lulus," ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (10/12/2019).

Pria yang akrab disapa Udin itu menambahkan, kerjasama ini perdana dan satu-satunya madrasah di Bumi Wali yang menjalankan. Harapannya siswa bisa kerja lebih layak dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Di sisi lain harapan kami kualitas madrasah tidak dipandang sebelah mata. Sebab kita sudah mampu bersaing dengan lembaga lain," tandasnya.

Satu di antara ratusan peserta didik MA P2K MA Al-Hidayah, Nur Inayatin Nisak menyatakan terbantu dengan adanya kerjasama madrasah dengan perusahaan berdiri pada tahun 1951 di El Paso, Texas itu. Sebab, dirinya merasa termotivasi untuk bisa bekerja pasca lulus.

"Seneng dan lebih semangat sekolah, karena setelah lulus bisa langsung kerja. Sebab mau kuliah terkendala biaya," ujar peserta didik yang biasa dipanggil Iin tersebut.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, ia mengaku terpacu untuk menyiapkan mental dan menambah kedisiplinan. Ia juga berharap dengan bekerja bisa sambil kuliah juga.

"Harapannya kita bisa kerja juga lanjut kuliah. Semoga dimudahkan. Amiin," ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pasca ujian semester ganjil. Sehingga tidak menggangu pembelajaran peserta didik. [rof/col]