Kekeringan, Gus Ang Salurkan Air Bersih di Dua Kecamatan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, RM. Ansakhul Balaya Mangku Negara atau yang akrab disapa Gus Ang turun gunung ke tengah masyarakat mengatasi kekeringan di beberapa wilayahnya. Pasalnya masyarakat mulai mengeluhkan surutnya sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepada blokTuban.com, putra pendiri Ponpes Wali Songo Gomang tersebut telah mengirim bantuan air bersih kepada masyarakat di dua kecamatan. Anggota Dewan dari Dapil IV tersebut terjun langsung bersama relawannya untuk melayani warga.

"Ada dua desa yang sudah kita kirim air bersih, yaitu Desa Kaligede kyecamatan Senori dan Desa Sidomukti, Kecamatan Kenduruan," terang Gus Ang, Kamis (26/9/2019).

Politisi Partai Gerindra itu berharap, kesulitan air bagi waraga Tuban, khususnya dari Dapil IV dapat teratasi. Sehingga tidak ada lagi warga yang mengeluh lantaran kekurangan air bersih. 

"Semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat sekitar yang kekurangan air bersih. Ke depan semoga bisa lebih banyak lagi kiriman air bagi yang belum kebagian," imbuhnya.

Saat mendapat kiriman air, warga Sidomukti tampak sumringah. Sebab mereka merasa diperhatikan dengan adanya anggota dewan yang memikirkan nasib mereka.

"Tentu kami merasa diperhatikan, sebab ada anggota dewan yang peduli sama rakyat kecil yang sedang krisis air bersih," ujar Teguh, satu di antara puluhan warga Sidomukti yang mengantre.

Hal senada juga dilontarkan warga di Desa Kaligede, Kecamatan Senori yang mendapat kiriman air. Ia mengklaim kesulitan warga mendapat air bersih dapat teratasi.

"Ya senang, kan gratis airnya," tutur pria yang akrab disapa Lek Bas tersebut.

Dari pantauan di lapangan, warga membuat antrean dengan membawa jerigen, bak, dan alat penampungan seadanya. Mereka satu persatu dilayani oleh relawan dengan tertib tanpa rebutan. [rof/col]