Dukung Keselamatan Nelayan, 110 Life Jacket Dibagikan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Brondong, membagikan bantuan 110 life jacket ke nelayan sekitar. Serah terima dipusatkan di Pelabuhan Brondong, dihadiri beberapa stakeholder terkait.

Kepala Kantor UPP Brondong, Ferry Agus Satrio menjelaskan, life jacket ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat. Mudah-mudahan life jaket bisa dipakai saat melaut. Jangan sampai perlengkapan ini tertinggal di rumah.

"Life jacket ini merupakan salah satu alat keselamatan pelayaran di laut," kata Ferry kepada blokTuban.com, Kamis (4/4/2019).

Ferry berpesan life jacket harus ditaruh di kapal. Ini sudah standart International Maritime Organization (IMO). IMO didirikan pada tahun 1948 melalui PBB untuk mengkoordinasikan keselamatan maritim internasional dan pelaksanaannya.

Walaupun telah didirikan sepuluh tahun sebelumnya, IMO baru bisa berfungsi secara penuh pada tahun 1958. Dengan berpusat di London, Inggris, IMO mempromosikan kerjasama antar pemerintah dan antar industri pelayaran untuk meningkatkan keselamatan maritim dan untuk mencegah polusi air laut.

"Saat ini baru 110 yang dibagikan. Lainnya sudah kami sampaikan ke pusat, supaya bantuannya bertahap," terangnya.

Lebih dari itu, mulai tahun 2018 sampai sekarang KUPP Brondong sudah menerbitkan 1.700 Pas kecil. Adapun Pas kecil dalam proses penerbitan 145 kapal, pas besar sudah diterbitkan 925 kapal. Selain Lamongan, Pas kecil dan besar juga untuk kapal di Kabupaten Tuban.

"Agar kapal yang belum diurus pasnya segera diajukan. Pengurusannya bisa ke Dinas Perikanan," jelas pimpinan KUPP Brondong yang memiliki wilayah Lamongan, Tuban dan Pacitan.

Life jacket bisa mengapung dalam 24 jam. Jangan selalu disimpan tapi sering dipakai, kemudian kalau kotor cukup dicuci dengan air tawar.

Tercatat, angka kecelakaan ada beberapa kasus yang menjadi perhatian. Beberapa waktu lalu, ada kapal terbalik tapi yang dekat Paciran nelayannya selamat. Oleh karena itu, kalau ada bantuan life jacket harus dipakai sebagaimana fungsinya. [ali/rom]

*Perwakilan KUPP Brondong memperagakan cara yang benar memakai life jacket.