18:00 . Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Desa Menilo   |   17:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   16:00 . Gathering Bersama Jurnalis, KPU Tuban Sampaikan Tahapan Pemilukada 2020   |   15:00 . Ada 1001 Wifi Gratis untuk Warung Kopi, Begini Cara Dapatnya   |   14:00 . Dorong UMKM Jatim Naik Kelas, Pertamina Salurkan Modal Usaha dan Beri Pelatihan   |   13:00 . Pekerjaan Jasa di TPPI Wajib Sediakan Safety Man   |   11:00 . TPPI Bekali 20 Pemuda Jenu K3 Teknis Scafolding   |   07:00 . Mengenal Jumlah Kebutuhan dan Manfaat Air Putih untuk Si Kecil   |   17:00 . Berkah Salat Dhuha, Guru TPQ ini Bisa Dapat Hadiah Umroh   |   16:00 . Bayi Penderita Kelainan Usus Akhirnya Meninggal   |   15:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   14:00 . Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru   |   13:00 . Tahun Ini Gaji Guru TPQ Naik 100 Persen   |   12:00 . Polres Tuban Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Dari Kemenpan-RB   |   11:00 . UMK Tuban Rp2,5 Juta, Begini Sikap Serikat Pekerja Nasional   |  
Sat, 23 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 21 March 2019 11:00

Pra Peradilan Gugatan Kepada Kasatreskoba dan Kasi Pidum Gugur

Pra Peradilan Gugatan Kepada Kasatreskoba dan Kasi Pidum Gugur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pengadilan Negeri (PN) Tuban telah memutuskan Sidang lanjutan Pra Peradilan yang diajukan oleh tersangka kasus narkotika jenis sabu-sabu bernama Hok San Bin Fredi, warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban terhadap Kasatreskoba Polres Tuban dan Kasi Pidum Kejari Tuban gugur.

PN Tuban memutuskan pra peradilan gugur lantaran sebelumnya, PN Tuban telah menggelar sidang pokok perkara dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap kasus narkotika yang menjerat Hok San Bin Fredi pada Kamis (21/3/2019) pagi.

Humas PN Tuban, Donovan Akbar Kusumo Bhuwono menjelaskan, sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 1981 KUHAP Pasal 82 menyatakan, ketika ada pemohon pra peradilan, namun perkara pokok sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri maka pra peradilan dinyatakan gugur.

"Karena sidang perkara pokok dengan agenda pembacaan dakwaan sudah disidangkan tadi, maka pra peradilan dinyatakan gugur," terang Donovan Akbar.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihak dari pemohon (Hok San) mengajukan pra peradilan ke PN Tuban pada 12 Maret 2019 lalu, sedangkan pihak Kejari Tuban melimpahkan kasus sabu yang menjerat tersangka Hok San pada 15 Maret 2019.

Menanggapi putusan PN Tuban terhadap gugurnya pra peradilan tersebut, Kuasa Hukum Hok San, Tejo Hutanto menyampaikan, bahwa memang sudah aturannya dari MK kalau materi pokok sudah disidangkan maka pra peradilan gugur.

Namun demikian, pihaknya akan mencari solusi dengan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada PN Tuban terkait dengan penangkapan kliennya.

"Gugatan ini kita layangkan untuk mencari kejelasan supaya proses hukum acara itu jelas. Apakah benar atau salah, sebab kita merasa proses hukum yang dilalui ada yang tidak kelihatan," terang Tejo.

Sementara itu, Kasat Reskoba Polres Tuban, AKP I Made Pattra Negara menyatakan, putusannya sudah benar. Sebab, KUHAP menyatakan ketika ada permohonan pra peradilan tapi perkara pokoknya sudah dilimpahkan ke PN maka otomatis gugur. "Putusannya sudah sesuai," pungkas Kasat. [hud/rom]

Tag : kasi pidum, kasatresnarkoba, pn, kejari

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more