Karya Budaya Sandur Tuban Jadi Peningkat Geliat Seni

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Budaya kesenian Sandur di Kabupaten Tuban rupanya telah disahkan sebagai karya budaya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dari sekian banyaknya hasil Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) yang dikumpulkan pada tingkat Nasional, tercatat per 10 Oktober 2018 lalu hanya ada 2 wilayah Kabupaten/kota yang dinobatkan, yakni Sandur Tuban dan Bojonegoro.

Sebagai salah satu bentuk budaya unik yang telah diakuai tingkat Nasional, Sandur juga bisa menjadi pemilu lebih dalam geliat seni masyarakat di Bumi Wali, terlebih lagi oleh pelajar dan generasi penerus bangsa.

"Sudah diakiui Nasional. Kambang Putih punya sertifikatnya, alatnya juga ada di Museum ini," kata Kepala UPTD Museum dan Purbakala, Santi Puji Rahayu kepada blokTuban.com, Senin (25/2/2019).

Ditambahkannya lagi, torehan dari proses penjaringan unit kebudayaan dari setiap daerah, diharapkan bisa memicu pergerakan pelajar untuk mendalami lebih bagaimana kearifan budaya Sandur asli Tuban ini.

"Maka dari itu, masyarakat umum bisa menggali dan belajar tentang Sandur secara langsung. Tapi tetap, sumber utamanya Dinas Kebudayaan, kalau disini hanya media pengenalan. Kiranya Sandur Tuban sudah dinobatkan, kita harus berbangga," jelasnya. [feb/ito]