Wadahi Bermusik Band Lokal, Tempat ini Getol Gelar Parade

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka menghimpun dan mewadahi pegiat musik band lokal yang ada di sekitar Kecamatan Rengel, kafe Wisata Tengah Sawah (WTS) Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel bekerjasama dengan Swing School Trutup, Kecamatan Plumpang, akhir-akhir ini getol membuat event parade musik.

Salah satu panitia gelaran parade bertajuk akustik tersebut, Andi Q'Jack menuturkan bahwa event parade kali ini merupakan ajang show on bagi pemusik band lokal sekitar wilayah Rengel, Plumpang, Soko, dan Widang. Lebih khusus, menyasar pada para pelajarnya.

"Event itu untuk umum, mulai dari anak usia SD, SMP, dan SMA. Kita juga mengumpulkan teman-teman lama yang dulunya aktif dalam parade-parade lokal," paparnya kepada blokTuban.com, Rabu (13/2/2019).

Lelaki yang akrab disapa Q'Jack tadi menambahkan, dia bersama rekan panitia bisa dikatakan mulai menggali potensi seni yang ada pada pelajar sekitar Kecamatan Rengel. Pihaknya cukup prihatin, sebab rupanya gelaran semacam parade musik sudah cukup lama tak muncul ke permukaan.

"Hampir 10 tahunan gak ada event band sekelas parade disini," timpal Q'Jack

Dalam upaya meningkatkan antusias peserta pada tingkatan pelajar, dia menemukan kenyataan lain tentang prospek bermusik pelajar lokal. Generasi muda usia SMA kuarang diwadahi, padahal punya ekskul. Namun kebanyakan alat musik malah nganggur.

"Kalau di Tuban banyak, soalnya punya banyak kafe yang rutin gelar akustik perform. Kalau pinggiran mati," katanya.

Tak menutup kemungkinan, jika potensi anak peserta didik dalam dunia seni, terkhusus dalam aspek musik, menurutnya begitu banyak. Namun, kembali lagi wadah wilayah pinggiran yang masih minim.

"Maka dari itu kita fasilitasi bermusik di indoor WTS ini. Kita punya panggung kalau gak digunakan untuk wadah optimal juga gak gereget. Kalau rutinan parade ini sukses, kita upayakan lebih ke festival musik. Tapi bertahap ya, setelah gelaran 16 Februari nanti," tutupnya. [feb/ito]