DLH: Pencemaran Sampah di Tuban, Sudah Kategori Parah.

Repoter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Beberapa terakhir ini pencemaran lingkungan khususnya di pesisir pantai sudah menjadi-jadi,  hampir semua pantai di Kabupaten Tuban diselimuti sampah.  Terkait hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tuban menilai, pencemaran lingkungan di Tuban sudah masuk kategori parah.

Kasi Pengedalian Pencermaran Lingkungan, DLH, Tommy P Kusuma mengatakan, berdasarkan pengamatanya pencemaran lingkungan di Tuban sudah masuk kategori parah khususnya pencemaran lingkungan di pesisir pantai. Sebab, hampir semua wilayah di Kabupaten Tuban pesisir pantainya terdapat sampah. Hal ini dikarenakan selain karena masih ada masyarakat yang mebuang sampah sembarangan juga, karena kawasan laut di Tuban banyak cekungannya. Sehingga,  sampah yang bukan asli Tuban terbawa arus angin dan mengedap di Tuban. 

"Menurut saya sudah masuk kategori parah," ungkapTommy 

Lebih lanjut, semua cara sudah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat bawasnya sampah juga mepunyai nilai.

"Tinggal kesadaran masayarakatnya itu sediri mau merubah kebiasa yang buruk menjadi lebih baik apa tidaknya,"ungkapnya. 

Menurutnya,  untuk mengatasi permasalah ini bukan hanya Insatansi pemerintah yang bertindak, tapi juga semua elemen dan setekhoder yang ada di Tuban harus bersinergi bersama. [nid/lis]