PUPR Rancang Program Penanggulangan Banjir dengan Anggaran APBD

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Mengatasi banjir di Kabupaten Tuban, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan normalisasi di beberapa sungai di Kabupaten Tuban. Dana anggaran renovasi pun disiapkan untuk program penanggulangan banjir itu.

Kepala Bidang (Kabid)  Sumber daya air, PUPR,  Ahmad Rakhmat mengatakan, memasuki musim penghujan, awal tahun 2019 pihaknya sudah melakukan beberapa rancangan untuk mengatasi banjir di beberapa titik di Kabupaten Tuban.

Di antara rancangan program yang dicanangkan salah satunya pembangunan klesengan tanggul di Desa Simo, Kecamatan Soko dan normalisasi sungai yang berda di Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel dengan menelan biaya dari APBD sebesar Rp1,5 miliar. 

"Awal tahun sudah ada beberapa program untuk mengatasi banjir khusus di wilayah yang rawan banjir," ungkap Rakhmat.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada masyarakat Tuban. Hendaklah menjaga lingkungan seperti, tidak mebuang sampah di sungai atau di tempat-tempat yang tidak semestinya.  Karena hal tersebut dapat menimbulkan pendakalan sungai dan akibatnya bajir saat musim hujan, selain itu juga dapat menimbulkan pencemaran di laut karena aliran sungai pada akhirnya bermuara di laut. 

"Tidak hanya kita saja yang menjaga lingkungan, tapi semua masyarakat di Tuban,"ungkapnya. 

[nid/lis]