12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 04 January 2019 11:00

Tak Ada Batasan PTSL, Camat Soko: Semuanya Harus

Tak Ada Batasan PTSL, Camat Soko: Semuanya Harus

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Program pemerintah pusat terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) memiliki lingkup yang tak terbatas. Artinya, semua warga masyarakat yang memiliki lahan dan tanah, bebas mengajukan proses pendaftaran. Agar memiliki modal kekuatan utama dalam meningkatkan kapasitas perekonomian dan kekuatan masyarakat itu sendiri.

Dalam hal itu, Pemerintah Kabupaten Tuban sudah melakukan koordinasi lebih, agar proses pembiayaan PTSL tak memberi beban lebih kepada masyarakat. Sosialisasi dari kecamatan, desa, sampai di lingkungan terkecil warga dilakukan agar warga memiliki peran untuk mendukung penuh program dari Badan Pertanahan Nasional (BKN) tersebut.

Di Kecamatan Soko, sejumlah desa sudah melakukan pengukuran serta melengkapi syarat administrasif PTSL. Sebut saja Desa Mentoro, Sandingrowo, Sokosari serta desa-desa lain juga sudah mengikuti program PTSL.

"Meskipun itu program pra Tahun Anggaran 2019, sejumlah desa sudah mulai antusias mengikuti PTSL," kata Camat Soko, Suwito.

Kepada blokTuban.com, Suwito memberi penjelasan lebih terkait untung ruginya mengikuti program pencatatan sertifikat tanah itu. Secara umum, warga akan sangat diuntungkan oleh program tersebut. Biaya pengurusan sertifikat tanah, bila diurus secara individu akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Dari program PTLS, warga yang inginkan mendaftarkan lahan dan tanahnya bisa diuntungkan. Sebab, pembiayaan PTSL sudah disepakati agar tak membebankan warga. Justru, jikalau warga tak mau memaksimalkan kesempatan yang ada, sudah dipastikan jika ada persoalan sengketa tanah akan memunculkan soal-soal baru dibaliknya.

"Tak ada batasan khusus. Agar tidak terjadi persoalan sengketa tanah, baiknya ikut PTSL. Semua dihitung dan dikerjakan secara rapi. Makanya, semuany harus," terang Camat ketika ditanya blokTuban.com tentang target program PTSL di Kecamatan Soko. [feb/rom]

Tag : ptsl

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat