Dari 204 Ribu, Baru 75 Ribu Orang Terima Kartu Tani

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Kartu tani yang digalakkan Pemerintah Pusat untuk mesejahterkan petani dinilai belum optimal. Sebab, dari 204 ribu jumlah petani di Kabupaten Tuban, baru 75 ribu yang sudah mendapatkannya. Sehingga, masih ada sekitar 125 ribu petani belum terjamah kartu ini.

Staf bidang tanaman pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ayu mengatakan, proses dalam pembuatan kartu tani mengalami banyak kendala, di antaranya masalah prosedur pendaftaran. Banyak petani yang ingin mendaftar tidak bisa karena tidak ikut kelompok tani. 

"Memang syarat utama untuk mendapatkan kartu tani harus lah ikut kelompok tani. Selain itu proses verifikasi tidak hanya di Dinas Pertanian tetapi di perbankan dan kementerian. Sehingga, saat ini masih banyak kendalanya dari petani itu sendiri dan juga dari proses penerbitan," ungkap Ayu. 

Lebih lanjut dia menjelaskan manfaat dari kartu tani seperti pemegang kartu bisa mendapatkan pupuk yang bersubsidi dan nanti ke depannya bisa mendapatkan barang-barang bersubsidi lainnya. 

"Manfaat kartu tani sangatlah banyak, harapannya dengan ada kartu tani dapat mesejahterakan petani," pungkasnya.  [nid/col]