Dana Belum Cair, TPT Desa Ini Tetap Digarap

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun Anggaran Dana Desa (ADD) tahap dua belum cair, namun hal itu tak mempengaruhi giat pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) ataupun plengsengan jalan di Dusun Dringu, Desa Jegulo, Kecamatan Soko.

Ketua TPKD setempat, Rochim mengaku bahwa adanya RAB DD yang telah diajukan namun belum sampai pada proses pencairan, tak menjadi masalah. Sebab, dengan berbagai macam sumber dana yang asalnya entah dari mana, bangunan dengan spesifikasi panjang 80 meter, tinggi 1,5 meter, serta volume 120 meter kubik sudah mulai dikerjakan agar cepat terselesaikan. Tentunya dengan harapan dana cair ketika bangunan sudah selesai.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut oleh awak media, Rochim menyampaikan, bahwa anggaran dana desa bagian kedua masih belum cair. Diperkirakan pada pertengahan Desember.

"Kalau tak lekas digarap, bagaimana pun juga harus kerjakan," ungkap Rochim.

Ke depan, pihaknya juga tetap betsikukuh memaksakan pengerjaan lebih dulu, walau entah dari mana pendapatan dananya, "Jika tak disediakan seperti ini, Kalau musim hujan, otomatis tak bisa ambil dan beli batu dari Klumpit," sambungnya. 

Selain itu, Kepala Dusun itu juga menambahkan, dia memastikan bahwa bangunan yang digarap pekerja sudah pasti kokoh.

"Terkait campuran, adukan, serta pemasanganya, kita kerjakam sesuai standart. Kalau masalah tidak menggunakan molen (alat pengolah semen), itu dikarenakan agar masyarakat bisa ikut bekerja," pungkasnya. [feb/col]