Pusat Belajar Guru Kabupaten Gowa Study Banding ke Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Pusat Belajar Guru (PBG) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan melakukan kunjungan di PBG Kabupaten Tuban, Selasa (27/11/2018).

Kunjuangan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding untuk mengetahui secara langsung kinerja dan program-program dari PBG Kabupaten Tuban yang dinilai lebih berpegalaman dan aktif dalam menjalankan program-program untuk meningkatkan kualitas guru.

Penanggung jawab PBG Kabupaten Gowa, Noer Hamidah mengatakan, kunjungan ini bertujuan  untuk mengetahui langsung bagaimana sistem yang telah diterapkan oleh PBG Kabupaten Tuban. Karena, PBG Kabupaten Tuban telah dikenal aktif dalam menjalankan program-program pendidikan terhadap guru.

Selain itu lanjut Noer Hamidah, Pusat Belajar Guru Kabupaten Gowa yang baru terbentuk sekitar dua tahun ini bekerjasama sama dengan Putra Sampoerna Foundation, sehingga sarana prasarana yang telah tersedia di PBG Kabupaten Tuban, seperti ruang belajar dan laboratorium ini juga menjadi fokus kunjungan PBG Kabupaten Gowa.

“Pusat Belajar Guru Kabupaten Gowa ini baru, sehingga masih perlu banyak banyak studi banding dari pusat belajar guru yang berada di kabupaten lain,” terang Noer Hamidah.

Sementara itu, Ketua PBG Kabupaten Tuban, Fathul Muin mengungkapkan bahwa kegiatan studi banding dari PBG Kabupaten Gowa ini untuk mengetahui seperti apa manajemen pengelolaan PBG Kabupaten Tuban dalam rangka melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan pendidikan abad 21.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali dalam rangka untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan di masing-masing BPG,” ujar pria yang juga sebagai Kepala Sekolah di SMPN 6 Tuban tersebut.

Lebih lanjut menurutnya, selama ini yang telah menjadi ikon PBG Kabupaten Tuban adalah kegiatan mandiri baik itu berupa pelatihan guru, kegiatan workshop maupun kegiatan yang lainnya. 

“Pada intinya kami fokus pada kegiatan keprofesian dan BPG Tuban ini bekerja sama dengan ExxonMobile Cepu Limited,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, rombongan PBG Kabupaten Gowa yang terdiri dari 33 orang tersebut disambut langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban di kantor Dinas Pendidikan sebelum mendatangi tempat PBG Kabupaten Tuban yang berada di Jalan Panglima Sudirman Tuban.[hud/col]