Manfaatkan DD, Pemdes Banjarworo Latih Warganya Jadi Pengusaha

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarworo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban memberikan pelatihan kepada warganya berupa ketrampilan menjahit. Pelatihan yang menyasar 15 perempuan produktif itu diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018.

"Untuk kegiatan pemberdayaan ini kita kucurkan anggaran awal sebesar Rp20 juta dari Dana Desa (DD) tahun 2018. Tahun depan rencananya kita tambah lagi," kata Kepala Desa Banjarworo, Sumarmo kepada blokTuban.com, Rabu (21/11/2018).

Pihak Pemdes berharap dengan pelatihan menjahit, perempuan produktif di desanya dapat menciptakan peluang kerja sendiri. Sehingga waktu yang akan datang keluarga mereka tumbuh mandiri.

"Harapannya mereka jadi pengusaha baru," tandas Kades.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, perempuan produktif tersebut mendapatkan pelatihan dari instruktur jahit yang dikontrak oleh pelaksana kegiatan. Mereka mendapatkan jatah latihan selama 22 kali pertemuan.

Pelatihan menjahit dilaksanakan di Balaidesa setempat Jalan KH. Abudurrahman No. 10 Santren Banjarworo. Jadwal latihan dimulai tanggal 19 November hingga 7 Desember 2018. [rof/ito]