KPUD Tuban Upayakan Akses TPS Mudah untuk Disabilitas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban mengupayakan untuk mendesaign Tempat Pemungutan Suara(TPS) yang aksesiblenya mudah bagi para pemilih penyandang disabilitas Tuna Daksa di Kabupaten Tuban.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPUD Tuban Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi S, menurutnya pada pemilu serentak tahun 2019 nanti setiap TPS akan dibuat dengan desain yang mudah diakses, dalam arti pintu TPS sampai ke lokasi tidak ada penghalang sesuatu apapun.

"Kita akan membuat desain TPS yang aksesible, minimal kursi roda bisa masuk dengan mudah," terang Yayuk kepada blokTuban.com, Minggu (11/11/2018).

Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan bahwa fasilitas untuk mempermudah bagi pemilih tidak hanya diberikan kepada penyandang disabilitas Tuna Daksa saja, melainkan juga kepada penyandang disabilitas Tuna Rungu dan Tuna Netra.

"Kita berikan fasilitas untuk mempermudah bagi penyandang disabilitas," imbuhnya.

Diketahui, menjelang Pemilu 2019 KPUD Tuban mulai menggelar Pendidikan Pemilih dan Sosialisasi kepada penyandang disabilitas Tuna Daksa di Gedung Juang, Jalan Pramuka, Kelurahan Latsari, Kabupaten Tuban.

Selanjutnya, segiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi Pemilu 2019 ini juga akan diagendakan bagi para Tuna Rungu dan Tuna Netra yang ada di Bumi Wali sebutan lain Kabupaten Tuban. [hud/col]