Tiga Jam di Tengah Laut Tuban, Kirab Arung Samudra Tiba di Socorejo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rombongan Kirab Arung Samudra Tuban, tiba di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pembawa 17 bendera merah putih dari 5 zona terdepan Indonesia mulai dari Sabang, Nunukan, Miangas, Rote, dan Marauke itu disambut Pemerintah Desa Socorejo dan Forkopimka Jenu.

Kirab Arung Samudra ini merupakan rangkaian Kirab Satu Negeri (KSN) yang digagas Gerakan Pemuda Ansor. Kegiatan ini merupakan komitmen GP Ansor terhadap kesetiaan menjaga NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara dan sumpah sebagai anak bangsa, yang bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

Kirab Arung Samudra ini memakan waktu tiga jam. Pasukan diberangkatkan pukul 10.30 WIB dari Pantai Boom Tuban dan sampai di pantai wisata Kapal Kandas Desa Socorejo pukul 13.30 Wib.

Pantauan blokTuban.com, kedatangan pasukan KSN sontak menyedot perhatian warga sekitar pantai. Mereka antusias berkumpul di sekitaran kapal kandas sambil mengabadikan dengan hanphone.

Selain itu, pembawa bendera merah putih juga disambut oleh grup marcing band dari pelajar setempat. Irama genderang mengiringi dari bibir pantai hingga menuju kantor desa.

Setelah mendarat di Desa Socorejo, pasukan diberangkatkan menggunakan angkutan darat menuju perbatasan Rembang (Jawa Tengah) - Tuban (Jawa Timur). Selanjutnya akan lanjut penyerahan bendera oleh PW Ansor Jatim kepada PW Ansor Jateng. [rof/lis]