Kades dan Suami Ditahan, Bagaimana Pemerintahan Mojoagung?

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Tindak lanjut kasus dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan alokasi Dana Desa (ADD) Mojoagung, Kecamatan Soko tahun anggaran 2017 oleh Kepala Desa (Kades) setempat, SN sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban.

Bahkan tak tanggung-tanggung,‎ suami dari Kades yakni MK juga turut terseret dalam masalah tersebut. Keduanya saat ini tengah ditahan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Mendengar kabar tersebut, Camat Soko, Suwito tentunya prihatin atas adanya informasi itu. Pihaknya mengaku sudah mendengar kabar tersebut lewat beberapa media di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban.

‎"Sudah, itu sudah urusan hukum bukan lingkup kita lagi," terang Suwito saat ditemui blokTuban.com diruang kerjanya, Rabu (5/9/2018).

‎Pihaknya juga mengungkapkan, bahwa kasus tersebut tengah ditangani Aparat Penegak Hukum (APH) yang berkaitan. Lebih dari itu, tak ada komentar lebih dari Camat bersandang gelar Hukum itu.

"No Comment. Kecuali jika masih dalam lingkup masyarakat‎, kita masih bisa menengahi," tambahnya.

‎Selanjutnya, ketika ditanya lebih lanjut tentang keberlangsungan pemerintahan Desa Mojogung pasca ditinggal Kades beserta suaminya yang dulu sering menjadi kebanggan masyarakat setempat, Camat Soko tak begitu mengkhawatirkan soal itu.

Sebab, beberapa ‎prosedur umum kepemimpinan su‎atu desa telah ada aturannya sendiri. Pihaknya masih menunggu proses lanjutan, kemudian baru bisa untuk mengambil pelaksanaan bagaimana pemerintahan desa nanti bisa berjalan normal adanya.

"Kita tunggu putusan akhir dari kejaksaan. Saat ini kita‎ belum berani‎ ambil tindakan lebih. Namun,‎ bagaimanapun juga saat ini pemerintahan disana masih berjalan, kan ada Sekdes dan perangkat lainnya," tegasnya.

Selebihnya, Camat akan menyertakan PJ Desa sudah mendapat putusan legal dari pemerintah pusat. Dan, kembali diulangnya, belum ada langkah tindakan dari pihak kecamatan terkait persoalan itu. Besar harapan, kasus Kades Mojoagung beserta suaminya cepat rampung. Dan, tak ada lagi kejadian serupa yang menimpa di wilayah birokrasi Kecamatan Soko. [feb/ito]