Ribuan Siswa SD Sederajat Meriahkan Karnaval Kecamatan Rengel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com-‎ Karnaval tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat menjadi rangkaian kegiatan semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Rengel, Jumat (24/8/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan peserta didik usia SD tersebut dimulai sejak siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB, dengan menempuh rute start Lapangan Bahagia, Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel, kemudian lewat jalanan desa sampai jalanan Dusun Karangtengah, Desa Rengel, dan finish di Stadion Rengel.

Banyak dari peserta mengenakan pakaian adat, wilayah, maupun daerah yang ada di Indonesia. Alunan musik drum band campuran yang dibawakan beberapa peserta pawai karnaval turut menghibur masyarakat yang menonton sepanjang rute.

Ketua PHBN Kecamatan Rengel bagian Karnaval, Gunawan Wibisono dalam hal itu mengungkapkan, Karnaval tingkat SD sederajat ini dilakukan untuk menjadikan generasi muda sejak dini untuk mengisi semarak kemerdekaan.

"Kita mengambil tema keanekaragaman budaya bangsa," ujar Gunawan Wibisono kepada blokTuban.com di titik lokasi finish.

Lelaki yang akrab disapa Gunawan itu juga menambahkan, selain semarak pengisi kemerdekaan, agenda satu ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran generasi muda untuk paham dan mengerti makna dari kemerdekaan yang diperjuangkan pahlawan terdahulu.

"Besok juga ada pawai karnaval tingkat TK-Paud sederajat. Karnaval di sini masih akan berlanjut sampai tiga hari sesuai tingkatan," pungkasnya. [feb/col]