Spot Alam Desa Boto Jadi Alternatif Liburan Akhir Pekan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Alternatif liburan akhir pekan bisa dilakukan dengan berburu wisata dan lokasi baru untuk dinikmati. Banyak diantara tempat pada desa-desa wilayah Kabupaten Tuban bisa dituju kala bersantai, seperti halnya Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini.

Desa tang berada di selatan kota Tuban itu memiliki beragam jenis panorama alam yang cukup layak dijadikan spot wisata. Dengan dikelilingi perbukitan kapur, Desa Boto juga memiliki ekowisata, yakni Puncak Banyu Langse serta air terjun yang mengalir bercabang nan berkelok di sana.

"Santai disini sejuk, anginnya semilir. Banyak orang-orang dari luar Tuban juga, seperti Lamongan dan Bojonegoro yang datang wisata ke sini," ujar Sapto, pemuda setempat kepada blokTuban.com, Minggu (22/7/2018).

Selain berwisata santai, sambungnya, pengunjung juga banyak mengabadikan momen dengan berfoto ria bersama keluarga, teman, ataupun sahabatnya. Tak hanya itu, beberapa pasangan muda-mudi tang akan melangsungkan pernikahan juga sering melakukan foto prawedding dengan latar belakang alam di sekitar air terhun Langse tersebut.

"Di sini gratis. Parkir bisa d iatas sini, bisa jalan-jalan lihat alam desa. Tapi juga ada pengunjung yang naik motor menuju air terjun sana," imbuhnya.

Kendati demikian, pemerintah desa (pemdes) setempat belum juga melakukan pengelolaan tempat dengan maksimal. Padahal, potensi alam yang dimiliki desa bisa menjadi penunjang kualitas desa itu sendiri.

"Saat ini belum kita lakukan penangan lebih tentang potensi alam di Boto ini. Namun dengan bertahap kita akan pembenahan dari berbagai sektor, supaya merata," ujar Kepala Desa (Kades) Boto, Hartono ketika dijumpai di sekitar sungai desa. [feb/ito]