Penguatan Bumdes, Sendang Kalangan Jadi Wisata

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Sendang Kalangan yang terletak di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, resmi dilaunching menjadi salah satu tempat destinasi wisata baru di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban.

Dilaunchingnya destinasi wisata tersebut juga sekaligus dikukuhkan Pengurus Sanggar Kesenian Montongsekar (SKM).

Dalam acara launching tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Forkopimka Montong, Kades se-Kecamatan Montong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta berbagai unsur kepemudaan Kecamatan Montong.

Camat Montong, Suwoto saat dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan, sendang kalangan dulunya merupakan kawasan yang digunakan warga untuk pertanian, mandi dan mencuci. Namun seiring perkembangan zaman kawasan tersebut sudah berubah fungsi.

Oleh karena itu, untuk membuat lokasi tersebut layak dijadikan sebagai kawasan wisata, dan banyak menarik para pengunjung, Pemerintah Desa (Pemdes) melakukan banyak pembenahan infrastruktur maupun penambahan wahana untuk berfoto.

“Pihak desa kami dorong untuk melakukan banyak pembenahan infrastruktur penunjang, terutama akses jalan di dalam kawasan tersebut,” ujar Camat Montong.

Lebih lanjut, Suwoto menambahkan, peresmian destinasi wisata serta Pengukuhan Pengurus Sanggar Kesenian Montongsekar (SKM) merupakan program dalam penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), karena selain pengembangan obyek wisata, SKM juga sebagai wadah pelaku kesenian di Kecamatan Montong.

Menurut Suwoto, peresmian destinasi wisata bisa dibilang nekat, karena proses pengerjaan infrastruktur penunjang baru sekitar 30 persen. Namun karena desakan dari beberapa pengurus agar segera dibuka, dan dengan pertimbangan saat hari libur lebaran tahun ini sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat, akhirnya dilaunching.

“Diharapkan, pasca dilaunchingnya destinasi wisata ini dapat dikunjungi saat libur lebaran nanti,” pungkas Suwoto. [hud/rom]