Puluhan Khotib Muda di Tuban Dapat Pembekalan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Puluhan khotib muda di Kabupaten Tuban mendapatkan pembekalan dari pemerintah setempat guna meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam semua aspek kehidupan sebagai perwujudan pencapaian Tuban yang lebih religius. Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung tiga hari mulai kemarin (7/5/2018) hingga Rabu besok (9/5/2018) di salah satu hotel terletak di Jenu, Kabupaten Tuban. 

Kabag Kesra Kabupaten Tuban, Eko Julianto menuturkan, tujuan lain diadakannya pembekalan khotib ini dalam rangka menyelaraskan persepsi visi dan misi dakwah agar terhindar dari benturan dan kontradiksi penyampaian pesan-pesan dakwah. Sehingga misi dakwah sebagai sarana pembimbing, pembina, dan penyelamat umat dapat tercapai.

"Terkhusus pembekalan ini untuk meningkatkan pengetahuan metode dan media dakwah sesuai kemajuan perkembangan teknologi informatika," jelas mantan Camat Semanding itu saat dikonfirmasi blokTuban.com beberapa waktu lalu. 

Tidak kalah penting dalam kegiatan tiga hari ini agar khotib dapat menyusun pesan dakwah sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Tuban. Selain itu dengan agenda ini, diklaim jika pemerintah mendapatkan masukan-masukan dari para khotib tentang permasalah yang terjadi di daerah sebagai bahan kebijakan pemerintah Kabupaten Tuban.

Pria yang pernah juga menjabat sebagai camat Senori itu berharap, dari kegiatan tersebut para khotib menemukan rasa tanggung jawab tentang pentingnya pembinaan dan pembimbingan umat yang sungguh-sungguh. Serta, membangkitkan kepekaan para khotib terhadap tuntutan umatnya 

Harapan lain, dapat meningkatkan kerjasama pemerintah daerah dengan tokoh agama, khususnya para khotib dalam membangun sumber daya manusia yang profesional dan berakhlakul karimah. Selain itu juga agar meningkatkan peran serta para Khatib dalam pembentukan masyarakat yang mandiri yang dilandasi iman dan taqwa dan ilmu pengetahuan teknologi.

"Harapannya dari kegiatan ini nanti akan dibukukan sebuah buku khutbah Jumat hasil dari para peserta, untuk menjadikan masjid sebagai pusat keagamaan dan dakwah termasuk aspek pengembangan ekonomi umat dan pelayanan masyarakat," ulasnya panjang lebar. 

Salah satu peserta yang berhasil diwawancarai wartawan media ini, sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Kesra Kabupaten tuban. Mengingat khotib muda butuh adanya pembinaan, Agar khutbah yang di sampaikan berbobot dan berisi.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini  agar para khotib seperti saya dan teman lainnya, mampu menyampaikan pemahaman agama islam yang Rahmatan Lil Alamin," tukas khotib muda asal Bangilan, Shofi.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, jumlah khotib dari 80 takmir masjid. Atau dari masing-masing kecamatan memberangkatkan 4 orang. [rof/col]