Tingkatkan Kapasitas Pengurus, BUMDes Sidodadi Gelar Pelatihan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Senin (7/5/2018). Pelatihan manajemen keuangan dan bisnis ini diharapkan dapat memacu semangat peningkatan ekonomi untuk kemandirian dan kesejahteraan desa.

Kepala Desa (Kades) Sidodadi, Ali Subhan mengatakan, pelatihan hari ini diklaim sesuai amanat undang-undang desa mewujudkan desa mandiri. "Kami punya impian besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui peluang pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada," kata Kades di awal sambutannya.

Kades yang memiliki latar belakang seniman ini berharap, pengurus BUMDes dapat memanfaatkan peluang secara maksimal. Jika nantinya usaha yang akan dikelola tersebut semakin berkembang, tidak ada keraguan untuk menambah modal dari anggaran yang ada.

"Sesuatu tidak ada yang tidak bisa. Jika kita laksanakan dengan kemampuan dan ditunjang anggaran pasti akan terwujud kemandirian desa," tandas Ali, sapaan karibnya.

Sementara Camat Bangilan berharap potensi yang ada benar-benar diprioritaskan untuk ditangani BUMDes. Sebab sangat beragam yang bisa dikembangkan untuk progres kemajuan desa.

"Apabila sudah dikelola desa dengan baik, semua hasil untuk masyarakat," tegas Camat Bangilan, Moh. Maftuchin Riza.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, hadir dalam acara pelatihan ini, perangkat desa, pejabat pemerintah kecamatan setempat, Tenaga Pendamping Desa dari PD dan PLD, dan tokoh masyarakat setempat. Diketahui pula, Desa Sidodadi merupakan satu dari 311 desa yang menjadi faktor prestasi Sinergitas Kecamatan Bangilan di tingkat Provinsi.  [rof/rom]